Home Ekonomi Bandung Barat Salurkan54.082 Bansos Tahap Dua

Bandung Barat Salurkan54.082 Bansos Tahap Dua

Bandung, Gatra.com - Sebanyak 54.082 paket bantuan sosial (Bansos) tahap dua Pemkab Bandung Barat mulai disalurkan.  Jumlah penerima bansos tahap kedua ini mengalami peningkatan dibanding tahap pertama yang hanya 46.000 orang. 
 
"Kalau bantuan sosial sebelumnya jumlah penerima sebanyak 46.000 orang," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) KBB, Heri Pratomo usai kegiatan panyaluran bansos pangan di Kecamatan Cisarua, KBB, Rabu (8/7).
 
Ia memastikan, item bantuan pangan yang saat ini didistribusikan berupa sembako yang mempunyai daya tahan lama untuk dikonsumsi masyarakat.
 
"Isi bantuan saat ini adalah beras 10 kg, mie instan 10 bungkus, sarden 2 kaleng yang ukuran sedang dan minyak goreng 2 liter serta susu kental manis," katanya.
 
Heri menegaskan, penerima bantuan pada tahap selanjutnya tidak akan mengalami penambahan kembali. Bahkan pihaknya akan mendata ulang jika ada masyarakat yang mendapat bantuan double.
 
"Bupati sudah menjelaskan bahwa tidak akan ada lagi ajuan masyarakat bantuan baru," katanya.
 
Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, penyaluran bantuan saat ini lebih mengoptimalkan peran pemerintah desa yang ada di wilayahnya. 
 
"Tahap dua ini bantuan langsung diberikan kepada pemerintahan desa untuk dibagikan kepada masyarakat,"katanya.
 
Ia pun menjelaskan, bahwa bansos pangan tersebut juga didistribusikan serentak di seluruh wilayah desa yang tersebar di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung Barat.
 
"Pendistribusian bantuan ini juga dikawal langsung oleh pihak TNI/POLRI. Sedangkan penyaluran bansos ini juga ditargetkan selesai dalam dua atau tiga hari kedepan," pungkasnya. 
 
728