Home Politik Pilkada Sukoharjo, AHY Resmi Dukung Pasangan EA

Pilkada Sukoharjo, AHY Resmi Dukung Pasangan EA

Sukoharjo, Gatra.com - Partai Demokrat akhirnya resmi menjadi partai pengusung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo, Etik Suryani-Agus Santosa atau EA. Dukungan dari Partai Demokrat langsung diberikan oleh langsung oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada Agus Santosa di DPP Partai Demokrat, Jakarta pada Selasa sore (25/8).

Dalam surat putusan DPP Partai Demokrat Nomor 230/SK/DPP.PD/VIII/2020, tentang Persetujuan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, berisi DPP Demokrat memberikan persetujuan kepada Etik Suryani dan Agus Santosa sebagai calon bupati dan wakil bupati Sukoharjo. 

Ketua DPC Partai Demokrat Sukoharjo, Sugeng Purwoko, mengatakan, dengan diberikannya surat rekomendasi, maka secara resmi Partai Demokrat mendukung pasangan EA pada Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember mendatang.

"Saya anggap Pak Agus Santosa ini mumpuni pada bidang keilmuan pemerintah, kalau pemerintah tidak dipegang oleh ahlinya maka suatu saat akan hancur," katanya saat konferensi pers, Rabu (26/8).

Selain Agus Santosa yang ahli di bidang pemerintahan, menurut Sugeng, pemimpin wanita juga banyak yang berhasil di luar negeri maupun di beberapa daerah, sehingga Etik Suryani pantas maju menjadi Calon Bupati Sukoharjo di Pilkada 2020 meneruskan perjuangan suaminya Wardoyo Wijaya.

Sugeng optimis pasangan EA akan memenangkan kontestasi di Sukoharjo, mengingat pada pemilihan legislatif lalu, Partai Demokrat mampu memperoleh 17.800 suara.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, menyambut baik atas dukungan DPP Partai Demokrat kepada pasangan EA.

"Mudah-mudahan kerja sama ini membawa suatu semangat yang luar biasa untuk bisa memenangkan Bu Etik dan Pak Agus," ucapnya.

Menurut Wardoyo, dukungan dari DPP Partai Demokrat ini merupakan dukungan pertama yang diberikan partai politik kepada pasangan EA. Dengan demikian, masih tersisa tiga partai yang belum menyatakan dukungan secara resmi, baik kepada pasangan EA maupun JosWi (Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa). Ketiga partai tersebut yakni Partai Golkar, NasDem, dan PKB.

998