Home Teknologi Chatbot TISA untuk Penyandang Disabilitas

Chatbot TISA untuk Penyandang Disabilitas

Jakarta, Gatra.com - Penyandang disabilitas bisa mengakses informasi mengenai ekosistem yang inklusif melalui sistem informasi digital TISA (Thisable Personal Assistant Chatbot).

Chatbot TISA merupakan hasil kreasi perusahaan di bidang pemberdayaan sosial bagi penyandang disabilitas, yakni Thisable Enterprise bersama Kata.ai dan PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata) diluncukan di Jakarta pada Rabu (26/8).

Chatbot TISA ini merupakan personal assistant yang memiliki kemampuan artificial intelligence (AI). Chatbot ini terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp dan didukung dengan teknologi kecerdasan artifisial untuk memberikan layanan yang mudah diakses dan pengalaman digital terbaik bagi teman-teman disabilitas.

TISA memiliki beberapa fitur informasi dan bantuan bagi para penyandang disabilitas yang menghubungkan seperti customer service, learning center, dan collection reminder. Penyandang disabilitas juga akan mendapatkan informasi seputar pekerjaan, pendaftaran kerja, pelatihan, layanan pengaduan disabilitas, serta program-progran thisable lainnya.

"Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesetaraan hidup penyandang disabilitas, Metrodata memberikan kontribusinya di dalam melakukan implementasi chatbot bersama TISA berkolaborasi dengan Thisable Enterprise dan Kata.ai," kata Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk.

Menurutnya, saat ini layanan customer service berbasis messenger sudah berfungsi untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan para disabilitas yang hadir selama 24x7 jam.

Metrodata akan terus mengembangkan modul untuk dapat membantu teman-teman penyandang disabilitas dalam meningkatkan kompetensi atau keahliannya serta memperoleh pekerjaan.

"Sebagai kelanjutannya, aplikasi TISA ini akan dikembangkan pula untuk membantu memberikan notifikasi tagihan, baik kepada penyandang disabilitas maupun kepada mitra pemberi kerja," ujar Susanto.

Sementara itu, CMO & CO FounderKata.ai, Reynir Fauzan, menjelaskan, teknologi kecerdasan artifisial (AI) sering dianggap hadir untuk menggantikan pekerjaan manusia. Namun, melalui kolaborasi Kata.ai dengan Thisable dan MII, teknologi AI justru dapat membantu teman-teman yang berkebutuhan khusus dalam meningkatkan literasi digital dan juga produktivitas kerja mereka.

"Kami berharap inisiasi ini akan membawa dampak sosial maupun perekonomian yang baik untuk Indonesia, khususnya di era kenormalan baru ini," ujarnya.

TISA merupakan chatbot pertama yang akan memberikan akses informasi kepada penyandang disabilitas. TISA diharapkan dapat membantu dan menjawab kebutuhan informasi para penyandang disabilitas. Ke depannya, TISA akan terus berkembang menyesuaikan era digital dan kebutuhan informasi penyandang disabilitas.

Reporter: CNC

409