Home Ekonomi Pelabuhan Gili Mas Telah Siap untuk Mendukung Balapan MotoGP

Pelabuhan Gili Mas Telah Siap untuk Mendukung Balapan MotoGP

Lombok Barat, Gatra.com - PT Pelindo III telah menyiapkan Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat, untuk bersandar kapal pesiar guna mendukung perhelatan akbar MotoGP 2021 di kawasan Mandalika Resort. Kapal ini juga menjadi hotel terapung bagi 2-3 ribu penumpang.

“Saat ini Pelabuhan Gili Mas sudah mulai operasi untuk kapal pesiar,"  kata Putut Sri Muljanto, Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III, di Lombok Barat, Minggu (20/9).

Keberadaan kapal pesiar di Pelabuhan Gili Mas tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan kekurangan kamar hotel saat balapan motor tersebut dihelat. "Mengantisipasi kekurangan kamar hotel pada event MotoGP 2021," ujarnya.

Area lahan pembangunan Pelabuhan Gili Mas seluas 66 hektare dengan total investasi pembangunan sebesar Rp550 miliar, ini merupakan salah satu infrastruktur penunjang untuk mendukung perhelatan MotoGP. 

Mujianto menyempaikan keterangan tersebut kepada Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya, saat infeksi mendadak (Sidak) di Pelabuhan Kapal Pesiar Gili Mas, Lembar. Menurutnya, Pelabuhan Gili Mas, Lembar, sudah siap menyambut perhelatan akbar MotoGP di Mandalika pada tahun depan.

“Kami dari PT Pelindo III sudah siap menyambut MotoGP Mandalika 2021 mendatang,” katanya.

Menhub RI Budi Karya didampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah, menegaskan, agar seluruh sarana dan prasarana pendukung event dunia MotoGP di Lombok Tengah 2021 nanti, bisa lebih awal disiapkan, sehingga semuanya berjalan lancar, termasuk dari sektor perhubungan.

294