Home Kebencanaan Atasi Kekeringan, Semen Gresik Kirim 100 Truk Tangki Air

Atasi Kekeringan, Semen Gresik Kirim 100 Truk Tangki Air

Rembang, Gatra.com – Musim kemarau yang mulai melanda wilayah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng), membuat PT Semen Gresik ikut peduli dengan menggelontorkan bantuan sebanyak 500 ribu liter atau 100 truk tangki air bersih. Bantuan air bersih ini disalurkan di 38 desa pada 14 kecamatan.

Salah satu desa yang mendapat bantuan air bersih adalah Desa Seren di Kecamatan Sulang. Sebanyak 4 tangki air bersih disalurkan warga di empat dukuhan.

Baca Juga: Ribuan Jiwa di Cilacap Krisis Air Bersih

Menurut warga, kekeringan sudah terjadi sejak 3 bulan lalu. Untuk mendapatkan air bersih warga harus mencarinya ke desa sebelah sejauh 6 kilometer. 

"Kalau di sini setiap tahun kekeringan. Sumber di sumur sudah menipis. Banyak warga yang memilih keluar desa mencari air," kata salah satu warga Seren, Damadi ketika berbincang dengan Gatra.com.

Terpisah, Kepala Unit Komunikasi dan CSR PT Semen Gresik, Dharma Sunyata mengatakan, bantuan air bersih ini merupakan program Semen Gresik Peduli Bencana 2020. Bantuan air bersih ini diharapkan dapat membantu kebutuhan air bersih warga di musim kemarau. 

Baca Juga: Pemkot dan DPRD Sepakat Bantu Warga Terdampak Kekeringan

"Bantuan ini dimaksudkan untuk meringankan beban dari korban bencana alam, khususnya yang berada di wilayah sekitar perusahaan," kata Dharma, Jumat (9/10).

Distribusi bantuan air bersih ini dilakukan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Rembang. Penyaluran dilakukan secara bergiliran setiap harinya. Dilakukan pula pemetaan desa mana saja yang memang sangat membutuhkan bantuan, agar benar-benar tepat sasaran.

Dijelaskan Dharma, dalam Program Semen Gresik Peduli Bencana ini, selain menyalurkan bantuan air bersih, pihaknya juga telah membangun embung tadah hujan untuk pengairan pertanian di wilayah desa sekitar perusahaan dan melakukan reboisasi di area sekitar perusahaan.

316