Home Milenial APR Catatkan Berbagai Pencapaian Keberlanjutan

APR Catatkan Berbagai Pencapaian Keberlanjutan

Jakarta, Gatra.com - Produsen serat viscose-rayon terintegrasi, Asia Pacific Rayon (APR) merilis laporan perkembangan keberlanjutan perdana yang mencakup 18 bulan pertama operasinya dari Januari 2019 hingga Juni 2020. Laporan bertema “Menciptakan Nilai Berkelanjutan, From Plantation to Fashion” tersebut memamerkan bentuk komitmen perusahaan terhadap produksi viscose-rayon yang bertanggung jawab.

Dalam laporan tersebut, APR memaparkan berbagai upaya dalam penerapan akspek keberlanjutan khususnya pada proses produksi, sumber bahan baku dan pengembangan karyawan dan masyarakat.

“Dalam 18 bulan pertama bisnis kami, kami fokus pada meletakkan fondasi yang kuat dengan menanamkan keberlanjutan dalam cara kami beroperasi, baik sebagai produsen, pemberi kerja, anggota komunitas lokal dan global. Operasi kami dipandu oleh kebijakan keberlanjutan kami,” kata Direktur APR Basrie Kamba.

APR telah memperoleh serangkaian sertifikasi yang berkaitan dengan manufaktur, sumber bahan baku, dan produk. APR merupakan produsen viscose pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi STeP yang diakui secara internasional oleh OEKO-TEX.

Produk APR memiliki label OEKO-TEX Standard 100, USDA Biobased, MADE in GREEN oleh OEKO-TEX, “Tested-Tested for Toxins” oleh FKT secara medis. Selain itu juga memperoleh ISO 9001 untuk manajemen mutu dan 14001 untuk sistem manajemen lingkungan, serta OHSAS 18001 untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Perusahaan juga memiliki Sertifikasi Rantai Penelusuran PEFC menegaskan sumber dari 100% dissolving wood pulp yang tersertifikasi.

Tak hanya itu, APR memperbarui kebijakan keberlanjutannya, memperkuat komitmen manufaktur bersihnya terhadap Roadmap ZDHC dan mengadopsi roadmap terikat waktu untuk memenuhi tingkat emisi dan konsumsi yang ditetapkan dalam EU BAT pada September 2020.

Sebagai produsen viscose-rayon terintegrasi di Indonesia, APR berkontribusi pada transformasi industri tekstil nasional, serta mendukung perwujudan visi ‘Industri 4.0’ Indonesia. APR secara aktif bermitra dengan pemangku kepentingan fesyen lokal untuk mempromosikan viscose sebagai enabler untuk fesyen berkelanjutan.

Operasional APR hingga saat ini telah memberikan dampak positif bagi Indonesia dan masyarakat sekitar. APR secara aktif bermitra dengan pemangku kepentingan fesyen dalam negeri untuk mempromosikan serat rayon sebagai pengerak untuk fesyen berkelanjutan dengan meluncurkan “Everything Indonesia” untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat tekstil dan fashion dunia. Platform ‘Follow Our Fibre’ berbasis blockchain dari perusahaan memberikan transparansi dan keterlacakan viscose-rayon dari benih hingga bal.

APR juga terlibat aktif meningkatkan standar pendidikan pedesaan dan memberdayakan partisipasi perempuan. Sepanjang tahun ini, perusahaan menyediakan 15.000 pakaian pelindung diri, 150.000 masker wajah medis, dan sarung tangan bedah untuk membantu kerja satuan tugas Covid-19 Riau.

Selain itu, perusahaan juga mendistribusikan 11.000 paket rumah tangga ke masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di 176 desa di Pelalawan dan 165 perlengkapan kebersihan ke pusat kesehatan ibu dan anak. APR memproduksi 88.000 masker kain dan membagikannya kepada karyawan, keluarga, dan rumah tangga di masyarakat sekitar.

 

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR