Home Teknologi Otomasi UMKM, Kata.ai Rilis Platform QIOS

Otomasi UMKM, Kata.ai Rilis Platform QIOS

Jakarta, Gatra.com- Perusahaan pelopor teknologi Conversational Artificial Intelligence (AI) dan Natural Language Processing (NLP) di Indonesia, Kata.ai hadirkan QIOS, platform social commerce yang memungkinkan UMKM memanfaatkan teknologi AI dalam penjualan mereka.

"Tahun ini, fokus kami mengembangkan platform social commerce bernama QIOS, aplikasi ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha UMKM agar dapat memperluas jaringan penjualan mereka dan meningkatkan pengalaman belanja pelanggan," ungkap CEO & Co-Founder Kata.ai, Irzan Raditya dalam konferensi virtualnya, Rabu (25/11).

Hadirnya aplikasi QIOS, lanjut Irzan terinspirasi dari kondisi UMKM di Indonesia dimana di masa pandemi ini mereka mengalami penurunan penjualan hingga 70%. "Kami berharap dengan adanya aplikasi QIOS ini dapat membantu para pelaku usaha UMKM untuk dapat mengembangkan bisnisnya dengan bantuan teknologi AI dan automasi,” ungkapnya.  

Otomasi dan augmentasi dalam sektor UMKM tersebut dilakukan melalui aplikasi berbasis chatting. Yakni seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger.

Hal tersebut dapat terlaksana karena Kata.ai saat ini telah menjadi mitra Instagram pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki akses ke Instagram Messaging Application Programming Interface (API).

Irzan menyebut bahwa platform social commerce memang diprediksi memiliki peran yang cukup besar dalam penjualan online commerce di Indonesia. " Tahun 2021 akan berjaya dan bisa dimanfaatkan jutaan pelanggan" katanya.

McKinsey memprediksi pada tahun 2022 total Gross Merchandise Value (GMV) social commerce di Indonesia akan mencapai US$25 miliar.

Selain itu, Irzan menyebut QIOS memungkinkan para merchant UMKM untuk menyasar potensi pangsa pasar yang besar dengan pendekatan yang baru. Optimisme animo juga sejalan karena berbasis pada aplikasi chatting seperti WhatsApp yang memiliki pengguna lebih dari 125 juta orang di Indonesia.

Platform QIOS juga saat ini sudah terhubung dengan aplikasi e-wallet dan e-payment seperti OVO, GoPay, LinkAja dan DANA, juga platform kurir online seperti GoSend dan GrabExpress untuk lebih memudahkan para pengguna platform QIOS.

385