Home Politik Sosok Ngebas, Pemenang Pilkada Kabupaten Semarang

Sosok Ngebas, Pemenang Pilkada Kabupaten Semarang

Ungaran, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang 2020. Pasangan Ngesti Nugraha-Basari (Ngebas) meraih 386.222 suara. Pasangan ini mengalahkan Bintang Narsasi-Gunawan Wibisono (Bison) yang memeroleh 189.264 suara.

Ngesti Nugraha saat ini tercatat sebagai wakil bupati Semarang. Adapun Basari merupakan mantan anggota DPRD Kabupaten Semarang. Sementara Bintang Narsasi adalah istri bupati Semarang Mundjirin. Adapun Gunawan Wibisono sebelumnya merupakan Sekda Pemkab Semarang.

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi mengatakan, total suara sah 575.486, suara tidak sah ada 33.511 sehingga total 608.997. Dengan jumlah tersebut partisipasi pemilih Pilkada Kabupaten Semarang mencapai 78,7 %. "Angka ini terhitung cukup tinggi karena target nasional untuk partisipasi pemilih hanya 77,5 %," ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk partisipasi pemilih pilkada 21 daerah di Jawa Tengah, Kabupaten Semarang berada di urutan keenam tertinggi. "Pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya kebanyakan adalah pekerja dari luar kota yang tidak bisa pulang ke Kabupaten Semarang," tukasnya.

 

2501