Home Gaya Hidup Basarnas Cilacap Fokus Siagakan Personel di Wisata Pantai

Basarnas Cilacap Fokus Siagakan Personel di Wisata Pantai

Cilacap, Gatra.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap menyiagakan sebanyak 30 personel untuk pengamanan masa libur Natal dan tahun baru 2021. Sebagian besar personel difokuskan di objek wisata pantai.

Kepala Kantor Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan para personel ditempatkan di Posko di Pantai Teluk Penyu Cilacap. Sebagian lainnya di tempat penyeberangan pelabuhan rakyat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan air yang berpotensi terjadi seturut meningkatnya kunjungan wisatawa. “Selain kita Siaga Nataru juga kita siagakan operasi apabila ada laporan masyarakat yang membutuhkan jasa di bidang SAR,” katanya, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (27/12/2020).

Dalam Siaga SAR Khusus Nataru, Alut dan Palsar yang disiagakan antara lain 3 Unit RIB yang kita Stanbykan di Pelabuhan Sleko, 5 Unit Mobil Rescue, 2 Unit Rescue Truck, 5 Perahu karet serta peralatan evakuasi.

Selain pengamanan di objek wisata pantai dan transportasi air, serupa dengan siaga sebelumnya, pada tahun ini tim SAR gabungan juga berkonsentrasi pada transportasi mudik Nataru, seperti Bandar udara Tunggul Wulung, Pelabuhan Rakyat dan tempat wisata yang ada di Cilacap. “Kepada seluruh petugas Siaga SAR Khusus Nataru ini, agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait, tegasnya.

Nyoman juga menekankan pentingnya protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Prosedur tetap pencegahan Covid-19 harus dikedepankan dalam setiap operasi SAR. "Tunjukkan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi dan militan, utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat serta jangan kendor dengan protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19," katanya.

212

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR