Home Kesehatan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Positif Covid-19

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Positif Covid-19

Bandung, Gatra.com - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini Aa Umbara menjalani  isolasi mandiri di rumahnya di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Diketahui, hampir dua pekan ini Aa Umbara tidak muncul ke publik untuk menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah. Selain Aa Umbara, sang istri Yuyun Yuningsih juga terpapar virus Covid-19.

"Saya diizinkan mengumumkan kondisi rill Bupati. Beliau (Aa Umbara) dengan Bu Yuyun terpapar Covid-19," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat, Asep Sodikin, Rabu (13/1).

Asep mengatakan, Aa Umbara sempat mengalami gejala klinis batuk dan sesak bahkan sempat diberi bantuan tabung oksigen. Namun saat ini kondisi mulai membaik setelah dirawat.

"Beliau sempat kritis, tapi berkat terapi dan perawatan intensif, saat ini sudah membaik," papar Asep.

Menurut Asep, Aa Umbara telah menjalani isolasi selama hampir 12 hari usai menjalani swab tes pada awal bulan Januari 2021. Pertimbangan baru mengumumkan kondisi terkini Aa Umbara, yakni karena bupati tidak ingin membuat repot semua pihak dan berniat mengumumkan usai dinyatakan sembuh.

"Beliau awalnya gak mau ribut, ingin sehat dulu baru disampaikan. Tapi karena ada beberapa hal yang harus beliau kawal seperti program vaksin dan PPKM, Sehingga saya perlu menyampaikan hal ini," pungkasnya.

338