Home Politik KPU Manggarai Tetapkan Paslon Bupati – Wakil Bupati Terpilih

KPU Manggarai Tetapkan Paslon Bupati – Wakil Bupati Terpilih

Manggarai, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai, NTT Sabtu (23/01) melaksanakan rapat pleno menetapkan Hery Nabit-Hery Ngabut atau Hery-Hery sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Manggarai 9 Desember 2020.

Pleno penetapan ini dipimpin langsung Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono dijaga ketat oleh aparat keamanan dari Polres Manggarai dan Brimob Manggarai. Selain itu pleno ini juga mengedepankan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 dengan ketat.

Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono mengatakan, berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara model D KWK tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Tahun 2020, menempatkan pasangan calon Hery Nabit – Hery Ngabut meraih 103.872 suara (60,66 persen).  Disusul pasangan Kamilus Deno – Viktor Madur dengan memperoleh 67.354 suara atau 39,34 % dari total suara sah.

"Berdasarkan hasil Rekapitulasi ini KPU Manggarai kami menetapkan Hery Nabit – Hery Ngabut sebagai Paslon terpilih Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Manggarai 9 Desember 2020 ,” kata Hartono.

Pleno penetapan ini jelas Hartono karena untuk Pilkada Manggarai tidak ada Paslon yang mengajukan gugatan, sengketa perselihan hasil pasca proses rekapitulasi dan penetapan hasil di Makamah Konstitusi (MK).

“Karena itu kami, KPU Manggarai mendapat perintah KPU RI untuk untuk melakukan pleno menetapkan calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai terpilih ,” jelasnya.

Proses Pilkada Manggarai 9 Desember 2020 lalu kata Thomas Aquino Hartono berjalan aman lancar dan transparansi. Selain itu tingkat partisipasi masyarakat sebagai pemilih juga meningkat pada Pilkada Manggarai Tahun 2020 lalu sebanyak 78,6%.

“Pilkada Manggarai 9 Desember 2020 lalu juga berjalan sukses. Partisipasi pemilih cukup besar dibanding pilkada sebelumnya 2015 lalu. Selain itu perlu disyukuri karena walau ditengah Pandemi Covid-19, dimana selama proses Pilkada tidak ada klaster baru Covid-19 atau klaster Pilkada ,” kata Hartono.

Sementara itu Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia, juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak baik Paslon, Partai Politik, Tim Pemenangan, KPU, anggota Panwascam, Kepolisian, TNI dan masyarakat, sebab menurut pengawasan mereka proses pelaksanaan Pilkada Manggarai 2020 berjalan dengan sukses.

“ Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak karena Pilkada 9 Desember lalu berjalan aman, lancar dan sukses.Tidak ada demo saat perhitungan dan tidak ada klaster Covid-19 Pilkada," ujarnya.

Hadir dalam pleno penetapan tersebut Calon Bupati –Wakil BUpati terpilih Hery Nabit - Hery Ngabut, Sejumlah Pimpinan Partai Politik, Ketua Tim Pemenangan Hery-Hery, Wilibrodus Kengkeng, Ketua Bawaslu Manggarai Marselina Lorensia, Kordiv HP3S Bawaslu Kabupaten Manggarai, Fortunatus Manah, Ketua KPU NTT, Thomas Dohu, Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono bersama 4 Komisioner KPU Manggarai dan panitia.

1167