Home Internasional Keok Lawan Jihadis, Presiden Nigeria Ganti Panglima Militer

Keok Lawan Jihadis, Presiden Nigeria Ganti Panglima Militer

Lagos,Gatra.com- Presiden Nigeria Muhammadu Buhari pada Selasa, 26/01,  mengganti komandan militer negara itu dalam perombakan mendadak setelah berbulan-bulan tekanan atas keamanan yang memburuk. AFP, 26/01.

Buhari, mantan jenderal angkatan darat, pertama kali terpilih pada 2015, bersumpah untuk menghancurkan pemberontakan jihadis berdarah di timur laut Nigeria. Tetapi angkatan bersenjatanya keok melawan para militan.

"Presiden Muhammadu Buhari telah menerima pengunduran diri segera para kepala dinas," kata sebuah pernyataan kepresidenan, mengacu pada kepala staf pertahanan dan kepala angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara.

Pernyataan tersebut tidak memberikan alasan apa pun untuk perombakan tersebut, tetapi itu muncul setelah tentara mengalami serangkaian pukulan di medan tempur.

Para pemimpin oposisi dan bahkan beberapa sekutu Buhari telah mendorong pemerintahannya untuk mengubah komando militer.

Selama lebih dari satu dekade, militer Nigeria telah memerangi pemberontakan oleh kelompok Islam Boko Haram yang telah menghancurkan timur laut, menewaskan sedikitnya 36.000 orang dan membuat lebih dari dua juta orang mengungsi.

Negara Islam di Afrika Barat (ISWAP), kelompok jihadis saingan yang memisahkan diri dari Boko Haram pada tahun 2016 dan didukung oleh ISIS, dalam beberapa tahun terakhir telah meningkatkan serangan mematikan di pangkalan militer.

Negara ini juga sedang berjuang dengan konflik yang meluas atas tanah dan sumber daya antara sebagian besar petani Kristen dan penggembala Muslim nomaden di mana ribuan orang telah meninggal.

Dalam situasi keamanan yang memalukan bulan lalu, orang-orang bersenjata menculik ratusan siswa sekolah di negara bagian asal Buhari di barat laut Katsina. Sebagian besar siswa kemudian dibebaskan, tetapi insiden itu memicu kemarahan dan protes terhadap pejabat pemerintah yang berkunjung.

Buhari mengangkat Mayor Jenderal Leo Irabor sebagai kepala staf pertahanan dan Mayor Jenderal Ibrahim Attahiru sebagai panglima angkatan darat.

Penduduk lokal di timur laut menggambarkan pasangan itu sebagai mantan komandan lapangan yang mengetahui medan dan pemberontakan dengan baik. "Saya pikir perubahan akan berdampak di lapangan," kata Idayat Hassan, direktur Pusat Demokrasi dan Pembangunan yang berbasis di Abuja. "Kepala staf pertahanan yang baru telah bekerja di lapangan selama bertahun-tahun."

Akhir tahun lalu, Gubernur Negara Bagian Borno timur laut Babagana Zulum, sekutu Buhari, secara terbuka mengkritik tanggapan tentara terhadap kekerasan setelah peningkatan penculikan di jalan raya di negaranya, tempat kelahiran Boko Haram.

"Jika tentara tidak dapat melindungi orang-orang yang bepergian dalam jarak hanya 20 kilometer (12 mil), maka saya tidak dapat meramalkan kapasitas tentara untuk mengakhiri pemberontakan ini dalam waktu dekat," katanya kepada wartawan.

Sejak awal tahun, militan telah menewaskan sedikitnya 19 tentara dalam serangan bunuh diri dan penyergapan terpisah terhadap konvoi militer di timur laut.

Dalam serangan besar terbaru mereka bulan ini, jihadis ISWAP secara singkat merebut pangkalan militer di negara bagian Borno setelah bentrokan semalam dengan pasukan.

Para pejuang menyerang pangkalan di kota Marte di daerah Danau Chad sebelum tentara merebutnya kembali beberapa jam kemudian.

ISWAP memiliki kamp-kamp di pulau-pulau di Danau Chad - tempat Nigeria, Niger, Kamerun, dan Chad bertemu - dan daerah tersebut dikenal sebagai benteng pertahanan kelompok tersebut.

Seminggu sebelumnya para jihadis menyerang pangkalan Marte tetapi berhasil dipukul mundur, mendorong mereka untuk memobilisasi lebih banyak pejuang untuk penyerbuan semalam.

Serangan itu dipandang sebagai unjuk kekuatan setelah gerilyawan tewas saat pasukan menyerbu kamp terbesar kedua ISWAP di desa Talala, kata sumber militer.

536