Home Politik Gubernur Perempuan Pertama Jambi Lantik 2 Bupati

Gubernur Perempuan Pertama Jambi Lantik 2 Bupati

Jambi, Gatra.com- Penjabat Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni akan melantik dua kepala daerah pemenang Pilkada 2020, Batanghari dan Tanjung Jabung Barat pada 26 Februari mendatang.
 
"Pelantikan dua kepala daerah ini akan dilakukan secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang akan berlangsung di Rumdis Gubernur Jambi," ujar Jubir Pemprov Jambi, Johansyah kepada Gatra.com, Kamis (18/2).
 
Bupati dan Wakil Bupati Batanghari yang akan dilantik yakni M Fadhil Arief dan Bakhtiar. Sedangkan di Tanjab Barat, Anwar Sadat dan Hairan. Karena tidak menghadapi sengketa di MK.
 
"Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat sebelumnya, Safrial- Amir Sakib dan Batanghari Syahirsah- Alm Soffia Fattah berakhir pada 17 Februari lalu," kata Johansyah.
 
Sekedar informasi, Hari Nur Cahya Murni merupakan Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah atau pejabat eselon I Kemendagri, dilantik Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Kamis hari ini, dengan pejabat gubernur lainnya, yakni Pejabat Gubernur Sumatra Barat, Bengkulu dan Kepri.
 
Sekaligus mencatat sejarah sebagai wanita pertama di Jambi yang menduduki jabatan tersebut.
 
Sebelumnya, Tito Karnavian menunjuk Sekda Provinsi Jambi Sudirman sebagai pelaksana harian (Plh) Gubernur Jambi menggantikan Fachrori Umar, pada 10 Februari lalu.
 
Masa kepemimpinan Fachrori Umar berakhir pada 12 Februari dan proses pemilihan Gubernur Jambi masih dalam tahap penyelesaian sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).
 
"Pj Gubernur akan tiba di Jambi pada Jumat besok dan akan menjalankan tugas di Jambi selama sekitar satu bulan," kata Sudirman.
3594