Home Internasional Jasad Biarawati Era PD II yang Dibunuh Tentara Merah Digali

Jasad Biarawati Era PD II yang Dibunuh Tentara Merah Digali

Olsztyn, Gatra.com- Kerangka biarawati era PD II yang dibunuh oleh Uni Soviet digali di Polandia. Benda-benda religius, seperti salib dan medali, membantu para ahli mengidentifikasi para korban. Institut Peringatan Nasional Polandia sebelumnya menemukan tiga biarawati yang terbunuh di Olsztyn. Live Science, 06/03.

Para arkeolog baru-baru ini menemukan kerangka tiga biarawati Katolik yang dibunuh tentara Soviet pada akhir Perang Dunia II. Penemuan mereka setelah pencarian selama berbulan-bulan untuk tulang tujuh biarawati yang terbunuh selama pendudukan brutal bekas Uni Soviet di negara yang dilanda perang.

Tentara Merah Rusia menginvasi Polandia pada tahun 1944, saat Nazi Jerman menarik tentara mereka. Selama waktu itu, pasukan Soviet berusaha merebut kendali dengan menekan milisi dan tokoh agama Polandia, memenjarakan, mendeportasi, dan membunuh tentara, pendeta, dan warga sipil Polandia. Catatan dari tahun 1945 mendokumentasikan tentara Soviet membantai tujuh biarawati St. Catherine dari Alexandria, perwakilan dari Institut Peringatan Nasional Polandia (IPN) mengatakan kepada Live Science melalui email.

Untuk mencari tahu di mana para biarawati yang terbunuh ini dimakamkan, para arkeolog pertama kali menggali sebuah situs di Gdask pada Juli 2020, di mana mereka menemukan sisa-sisa Suster Charytyna (Jadwiga Fahl), menurut pernyataan dari IPN. Penggalian di Olsztyn pada bulan Oktober mengungkapkan apa yang dianggap sisa-sisa Suster Generosa (Maria Bolz), Suster Krzysztofora (Marta Klomfass) dan Suster Liberia (Maria Domnik), semuanya adalah perawat di Rumah Sakit St. Mary Olsztyn.

Untuk menemukan tiga biarawati yang tersisa, para arkeolog pada Desember menggali sebuah situs di pemakaman kota di Orneta yang berukuran sekitar 215 kaki persegi (20 meter persegi), menggunakan catatan arsip lokal, seperti rencana pemakaman yang digambar dengan tangan, untuk menemukan jasad para biarawati. Untuk mencapai kuburan tahun 1945, pertama-tama mereka harus menggali kuburan baru yang ada di atasnya. Jenazah yang akhirnya mereka temukan diperkirakan milik tiga biarawati terakhir dalam kelompok itu: Suster Rolanda (Maria Abraham), Suster Gunhilda (Dorota Steffen) dan Suster Bona (Anna Pestka), menurut pernyataan IPN terpisah.

Dokumen-dokumen bersejarah, usia dan jenis kelamin sisa-sisa, dan keberadaan banyak benda religius menunjukkan bahwa kerangka itu milik para biarawati yang terbunuh, kata IPN. Artefak religius termasuk artikel pakaian yang terkait dengan ordo St. Catherine, rosario kecil dengan manik-manik yang dipoles, rosario yang lebih besar untuk dikenakan di ikat pinggang, salib bertatahkan desain logam dan dua medali "dengan gambar keluarga suci," kata perwakilan IPN. di dalam email.

Makam di Orneta, Polandia, menyimpan sisa-sisa tiga mayat yang diduga milik biarawati dalam ordo St. Catherine dari Alexandria yang dibunuh oleh Tentara Merah Rusia.

Ketika Jerman mulai mundur dari Polandia pada tahun 1944, Rusia mengambil kesempatan untuk menguasai negara itu. "Teror massal terjadi di wilayah yang diduduki oleh Soviet," menurut Institut Warsawa , sebuah wadah pemikir geopolitik di Polandia. Saat Tentara Merah maju ke kota dan wilayah, tentara menjarah dan membakar gereja dan bangunan keagamaan, dan para biarawati diperlakukan "dengan kekejaman khusus," kata perwakilan IPN.

Pada Februari 1945, pasukan Rusia mendatangi rumah sakit di Gdask-Wrzeszcz, Olsztyn dan Orneta, tempat para biarawati dalam ordo St. Catherine bertugas sebagai perawat. Tentara memukuli dan menikam pasien dan menyerang para biarawati yang melakukan intervensi, menyebabkan luka yang mengerikan; Wajah Suster Rolanda "dimutilasi dan bengkak hingga tidak bisa dikenali," dan Suster Gunhilda ditembak tiga kali, menurut IPN.

Suster Krzysztofora meninggal setelah "pertengkaran panjang dengan seorang tentara Soviet," lapor IPN. Pada saat kematiannya, matanya dicungkil, lidahnya dipotong dan dia telah ditusuk dengan bayonet 16 kali, menurut pernyataan itu.

Analisis DNA dari tujuh kerangka sedang dilakukan di Institut Kedokteran Forensik di Gdask untuk mengkonfirmasi identitas para biarawati itu, dan pendeta Katolik di Polandia sedang mencari beatifikasi untuk para suster St. Catherine yang terbunuh, menurut IPN. Dalam Gereja Katolik, beatifikasi (dari bahasa Latin "beatus", yang berbahagia) adalah suatu pengakuan atau pernyataan yang diberikan oleh Gereja terhadap orang yang telah meninggal bahwa orang tersebut adalah orang yang berbahagia.

3611