Home Kebencanaan 4 Hari Pencarian, Nelayan Sungai Pemali Ditemukan Tewas

4 Hari Pencarian, Nelayan Sungai Pemali Ditemukan Tewas

Cilacap, Gatra.com – Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan warga yang sebelumnya dilaporkan tenggelam saat menjaring ikan di Sungai Pemali, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sayangnya, saat ditemukan korban dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan pertama kali korban ditemukan oleh salah seorang nelayan di Perairan Randusanga Kulon, Kabupaten Brebes sekitar Pukul 11.50 WIB. Setelah mengetahui berita tersebut tim SAR gabungan dari yang berasal anggota Polair langsung mengevakuasi korban dan di bawa ke RS Kardinah Tegal.

“Pukul 16.15 kemudian kita langsung ke lokasi ditemukanya korban dan RS Kardinah Kabupaten Tegal untuk penangan lebih lanjut sambil menunggu dari pihak keluarga untuk memastikan bahwa korban yang ditemukan adalah salah satu anggota keluarganya,” kata Nyoman, dalam keterangan tertulisnya, Jumat malam (13/3).

Dia menjelaskan, hasil autopsi rumah sakit dan keluarga korban akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut adalah Carsono (60), warga RT 02 RW 02 Dukuh Karangsari, Desa Bantarwaru, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes. Hal itu dilihat dari ciri-ciri baju dan tubuh korban. “Setelah ditemukanya korban secara resmi Operasi SAR dinyatakan ditutup,” ucapnya.

Sebelumnya dikabarkan korban tenggelam pada Senin (8/3) Pukul 16.00 Wib saat sedang mencari ikan dengan cara menjala di sekitaran Sungai Pemali. Namun dari keterangan saksi yang saat itu juga sedang mencari ikan, pada pukul 17.30 WIB, korban sudah terlihat.

“Saksi tidak melihat korban di lokasi mencari ikan tersebut, setelah mengetahui peristiwa tersebut kemudian langsung melaporkan ke pihak berwajib dan di teruskan ke Tim SAR untuk melakukan upaya pencarian,” kata Nyoman.

Menurut dia, Basarnas Cilacap baru menerima laporan pada Selasa (9/3) sekitar pukul 14.00 WIB. Karenanya, pemberangkatan tim SAR Basarnas baru dilakukan pada Selasa sore.

Dalam pencarian tersebut, selain Basarnas ada pula sejumlah potensi SAR yang bergabung. Yakni, Polsek Bantarkawung, Koramil Bantarkawung, BPBD Brebes, Satpol PP Brebes, Damkar, PMI Brebes, Act, Bagana, RAPI, SAR Brebes, Bangbana Rescue, relawan desa dan masyarakat sekitar.

276