Home Internasional Gegara ini Biden Ancam Putin: Bersiaplah!

Gegara ini Biden Ancam Putin: Bersiaplah!

Washington DC, Gatra.com- Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin "akan membayar" menyusul laporan intelijen AS yang mengaitkan Moskow dengan kampanye yang berusaha mengarahkan pemilihan presiden pada Donald Trump pada 2020. Al Jazeera, 17/03.

Laporan tersebut diterbitkan Kantor Direktur Intelijen Nasional pada Selasa. Laporan itu  menyimpulkan bahwa Moskow berusaha untuk "mendorong" dengan klaim yang menyesatkan atau tidak berdasar terhadap Biden.

Ia juga menyimpulkan bahwa Putin "sadar dan mungkin mengarahkan" kampanye untuk melemahkan Biden dan mendukung Trump. Intelijen AS sebelumnya menyimpulkan bahwa agen Rusia telah berusaha untuk ikut campur dalam pemilu 2016 melalui kampanye peretasan dan pengaruh.

 

Dalam kutipan wawancara dengan ABC News yang dirilis pada Rabu, Biden mengatakan dia telah memperingatkan Putin akan ada dampak dari campur tangan itu.

“Dia akan membayar harganya,” kata Biden pewawancara George Stephanopoulos. “Kami berbicara lama, dia dan saya - saya cukup mengenalnya. Dan percakapan dimulai, saya berkata, 'Saya mengenal Anda dan Anda mengenal saya. Jika saya memastikan ini terjadi, maka bersiaplah.'”

Biden tidak merinci dampak apa yang akan dihadapi Putin sehubungan dengan laporan campur tangan pemilu, meskipun Washington diperkirakan akan menjatuhkan sanksi lebih lanjut pada Moskow, dilaporkan paling cepat minggu depan.

AS telah menjatuhkan sanksi terhadap empat pejabat senior Rusia awal bulan ini atas peracunan dan pemenjaraan politisi oposisi Alexey Navalny di Moskow. Kremlin bereaksi dengan mengatakan sebagai intervensi yang tidak dapat diterima dalam urusan dalam negerinya.

Pada hari Rabu, departemen perdagangan AS mengatakan pihaknya juga memperketat sanksi pada beberapa ekspor ke Rusia sebagai tanggapan atas keracunan mantan perwira intelijen militer Rusia Sergei Skripal pada Maret 2018 dan putrinya di Salisbury, Inggris dengan agen saraf tingkat militer.

Moskow membantah terlibat dalam kedua serangan itu. Pada Rabu, Kremlin mengatakan laporan intelijen AS tentang campur tangan pemilihan Rusia "sama sekali tidak memiliki dasar dan bukti" dan memperingatkan bahwa sanksi lebih lanjut akan membahayakan hubungan AS-Rusia.

960