Home Milenial UMP Sediakan Beasiswa Rp2,2 M untuk Kader Muhammadiyah

UMP Sediakan Beasiswa Rp2,2 M untuk Kader Muhammadiyah

Banyumas, Gatra.com – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah memberikan beasiswa senilai Rp2,2 miliar untuk kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Beasiswa meliputi program pendidikan mulai dari diploma hingga pascasarjana.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan kader persyarikatan bisa menempuh pendidikan sesuai dengan yang diminatinya. UMP sendiri memiliki 11 Fakultas dan 48 Program Studi.

“Kita siapkan beasiswa untuk anak-anak IPM. Kita siapkan 2,2 Miliar untuk mereka para kader calon penerus bangsa,” katanya, dalam Muktamar ke-22 Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), yang digelar di UMP, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (27/3).

Rektor mengajak agar seluruh kader persyarikatan yang ada di seluruh Indonesia untuk bisa melanjutkan kuliahnya di UMP. “Jangan sampai kader-kader kita yang potensial, tidak bisa melanjutkan pendidikan, itu akan menjadi kerugian bagi kita semua,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Umum Pimpinan Pusat IPM Hafiz Syafaaturrahman mengatakan, muktamar di UMP merupakan sejarah karena dilakukan secara daring mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

“Pikir kita adalah pendekatan yang melampaui zaman. Muktamar kali ini bukan hanya sejarah, bukan hanya historis, tetapi kita bisa siarkan dakwah Muhammadiyah secara keseluruhan, bahwa pelajar yang berkemajuan adalah pelajar yang berkeadilan dan juga pelajar yang bisa memberikan contoh teladan,” ujar Hafiz.

Hafiz juga mengajak kader seluruh Indonesia untuk berkontribusi memberikan ide terbaik sehingga ada sejarah baik yang kita buat dan tulis bersama. “Kalau fisik mungkin akan sirna oleh zaman, tetapi sejarah keilmuan dan pergerakan akan selalu dikenang. Mudah-mudahan kenangan indah itu muncul dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto kedepan,” ucap Hafidz.

UMP Banyumas menjadi tuan rumah pelaksanaan Muktamar ke 22 Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), yang berlangsung antara Kamis hingga Ahad (25-28/3). Pembukaan di hadiri langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahlan Rais, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas Dr Ibnu Hasan, Rektor UMP Dr Jebul Suroso, Ketua Umum Pimpinan Pusat IPM Hafiz Syafaaturrahman, dan Ketua Umum Pimpinan Wilayah IPM Jawa Tengah Nurul Huda.

447