Home Ekonomi AAJI Minta Calon Nasabah Pahami Sebelum Beli Produk Asuransi

AAJI Minta Calon Nasabah Pahami Sebelum Beli Produk Asuransi

Jakarta, Gatra.com – Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu, mengingatkan, nasabah atau calon nasabah harus memahami produk asuransi yang akan dibeli. Selain itu, juga memastikan kesesuaian produk tersebut dengan kebutuhan.

"Saya sering bilang, kalau boleh tuh secerewet-cerewetnya. Karena ini uang Anda, untuk masa depan keuangan Anda, untuk keluarga yang lebih baik," tuturnya dalam acara 'Media Gathering' yang diadakan AAJI pada Rabu (14/4).

Nasabah atau calon nasabah, kata Togar, wajib membaca ringkasan informasi produk dan layanan saat akan membeli produk asuransi. Mereka juga harus membaca dan memahami seluruh manfaat dan risiko produk yang terdapat pada polis.

"Kalau nasabah atau calon nasabah tidak membaca polis, itu suatu hal yang merugikan. Sebab, dalam polis itulah segala sesuatu tertulis, bukan dari omongan," ujarnya.

Baru-baru ini, banyak nasabah asuransi menyampaikan kekecewaannya di media sosial. Mereka merasa ditipu agen karena asuransi yang mereka beli justru bikin rugi.

Menanggapi hal tersebut, Togar meminta agar persoalan ini dilihat secara bijak. Pengakuan seseorang tidak bisa jadi pegangan. Oleh sebab itu, kalau ada apa-apa mesti mengacu kepada polis. Polis itulah dasar hubungan tertanggung dan penanggung.

Untuk itu, AAJI meminta perusahaan asuransi memastikan tenaga pemasar atau agen menerapkan standar praktik dan kode etik. Hal ini perlu dilakukan agar menghindari disinformasi dan dis-selling atau produk layanan yang tidak sesuai dengan penawaran.

294