Home Gaya Hidup Lewat Bukber Dico Terus Kampanyekan Prokes dan Cek Vaksinasi

Lewat Bukber Dico Terus Kampanyekan Prokes dan Cek Vaksinasi

Kendal, Gatra.com- Bupati Kendal Dico M Ganinduto terus berupaya membebaskan Kendal dari pandemi covid-19. Melalui buka bersama (bukber) kampanye protokol kesehatan (prokes) terus digaungkan agar warga Kendal terhindar dari penyebaran covid-19.
 
"Meski covid-19 di Kendal sudah menurun drastis, tapi covid-19 itu masih ada. Kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Dico saat bukber bersama warga di Masjid An Nur Kersan Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon Kendal Jawa Tengah, Senin (19/4).
 
Prokes yang harus dipatuhi dalam aktivitas sehari-hari yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau 3M. Hal ini wajib dilakukan agar semua masyarakat terhindar dari penyebaran covid-19.
 
Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal, lanjut Dico, saat ini hingga bulan Juni mendatang juga sedang fokus dalam progam vaksinasi terhadap pelayan publik dan lanjut usia (lansia) lalu akan dilanjutkan ke masyarakat umum. Masyarakat diminta untuk turut serta mensukseskan program vaksinasi yang dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona. "Ini adalah ikhtiar kita bersama dalam menghilangkan wabah pandemi yang kita rasakan bersama saat ini," ujarnya.
 
Di bulan puasa Ramadan, Pemkab Kendal mengeluarkan Surat Edaran Nomor 451/082/2021 tentang paduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H. Buka bersama diperbolehkan, begitupun sholat tarawih berjamaah atau sholat Idul Fitri boleh digelar bersama dengan ketentuan mematuhi protokol kesehatan dan digelar 50 persen dari kapasitas.
 "Saya minta sekali lagi, semua diperhatikan dan dipatuhi agar jangan sampai ibadah yang dijalankan menjadi sebuah klaster baru penyebaran virus corona," tandasnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Dico juga meninjau pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia dan bazar murah UMKM. Pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadan dilakukan sehari dua kali. Pagi hari dan sore hari. Hingga saat ini, vaksinasi di Kendal sudah menyasar 40 ribu lansia dari yang ditargetkan sampai bulan Juni sebanyak 180 ribu lansia.
 
1253