Home Politik Puan Maharani Sampaikan Pentingnya Literasi untuk Kehidupan

Puan Maharani Sampaikan Pentingnya Literasi untuk Kehidupan

Jakarta, Gatra.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menyampaikan pentingnya menumbuhkan budaya literasi. Menurutnya, dengan literasi yang baik dapat meningkatkan kemampuan berpikir yang bagus sebagai modal untuk menyelesaikan masalah. 

“Kemampuan literasi adalah kemampuan mendasar yang dapat menjadi pijakan bagi seseorang untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi dirinya sendiri maupun bagi banyak orang,” kata Puan dalam talkshow memperingati Hari Kartini yang digelar secara virtual oleh Perpustakaan Nasional, Selasa (20/4).

Puan memberi contoh pahlawan nasional R.A Kartini yang mempunyai kemampuan literasi baik. Dampaknya dapat dirasakan oleh generasi-generasi selanjutnya yang merupakan buah pikir Kartini.

“Jika R.A. Kartini tidak memiliki kemampuan literasi, maka tidak akan ada buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang isinya sudah menginspirasi banyak Kartini-Kartini lintas generasi hingga masa kini,” ungkap Puan.

Puan menekankan pentingnya keluarga meningkatkan literasi. Sebab, keluarga adalah titik awal kehidupan seseorang dimulai, dan peran sangat besar.

“Kita ingin setiap anak Indonesia memiliki titik awal kehidupan yang baik. Nilai-nilai yang ditanamkan di dalam keluarga adalah nilai-nilai yang akan turut membimbing hidup seseorang sepanjang hidupnya,” katanya.

Terlebih di era media sosial seperti saat ini yang membuat informasi banyak bertebaran. Dibutuhkan literasi yang bagus untuk dapat memilah dengan baik informasi yang benar dan tepat.

“Ketika budaya membaca di rumah menjadi sebuah kebiasaan, maka anak-anak akan terbiasa menjadikan buku atau bahan bacaan sebagai rujukan untuk mendapatkan informasi,” ujarnya.

187

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR