Home Kesehatan Polda NTT Luncurkan Kapal Vaksinasi Mobile Covid-19

Polda NTT Luncurkan Kapal Vaksinasi Mobile Covid-19

Kupang, Gatra.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur  meluncurkan kapal vaksin mobile Covid -19, Jumat (30/4). Vaksinasi berbeda dari sebelumnya, karena dalam pelaksanaannya selain dilaksanakan diatas kapal milik Polair, ada juga yang dilayani di pesisir pantai dekat dengan kapal tersebut. Pelayanan kesehatan, vaksinasi mobile ini atas perintah Kapolda NTT, Irjen Lotharia Latif.

Peluncuran kapal vaksin mobile Covid-19 dengan tema 'Pelayanan Kesehatan Terapung'  kali ini dilaksanakan di sekitar pesisir pantai Kampung Batu Hopong, Desa Huilelot, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang. Dalam pelaksanannya, Ditpolair Polda NTT berkerjasama dengan Biddokkes Polda NTT.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Rishian Krisna mengatakan launching perdana kapal vaksin mobile ini diikuti 200 orang. Mereka divaksin AstraZeneca dipimpin langsung Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. Sudaryono dan Karumkit Kompol dr. Heri Purwanto berserta tim vaksinator berjumlah 20 orang.

"Vaksinasi mobile terapung dengan kapal ini dikhususkan untuk melayani warga yang ada disekitar pulau –pulau terpencil yang susah dijangkau melalui darat. Kami mendatangi mereka, menggunakan kapal-kapal dari Direktorat Polair. Jika tempatnya tidak memungkinkkan kami lakaukan vaaksinasi diatas kapal ,” katanya.

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin kepada warga terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah seperti disampaikan Kombes Rishian .

“Selain itu ada pengecekan 13 kriteria penyakit yang tidak bisa mengikuti Covid-19. Selanjutnya penyutikan vaksin Covid-19 pada lengan kiri dan diakhiri dengan observasi,” jelas Kombes Krisna.

Kegiatan ini  upaya proaktif  Polri dalam rangka mendukung pelaksanaan vaksinasi nasional. Melayani masyarakat yang ada disekitar pulau –pulau terpencil yang sulit dijangkau lewat darat.

Sementara itu, Camat Semau Yoel Laitabun menyampaikan apresiasi dan terima kasih Kepada Polda NTT yang sudah membantu masyarakat melalui vaksin mobile ini.

“Kami apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada tim vaksin mobile Polda NTT yang telah melayani masyarakat kami ini,” kata Yoel Laitabun.


 

130