Home Ekonomi Mengenal Fungsi-fungsi Cryptocurrency

Mengenal Fungsi-fungsi Cryptocurrency

Jakarta, Gatra.com – Cryptocurrency, mata uang digital sebagai bagian dari teknologi blockchain, sedang digandrungi anak-anak muda masa kini. Ada yang menggunakannya untuk tujuan investasi, ada juga untuk trading.

Founder Stockgrow, Achie Mahfudloh, menuturkan bahwa cryptocurrency setidaknya memiliki empat fungsi, yaitu transaksi, mining (penambangan), investasi, dan trading.

Sebagai alat transaksi, mata uang crypto memiliki nilai tukar yang sama dengan mata uang konvensional lainnya untuk membeli barang dan jasa. Hanya saja, transaksinya 100% dilakukan secara virtual. Transaksi tersebut bisa berjalan dengan satu catatan, yaitu sudah tersedianya alat transaksi mata uang crypto di suatu wilayah atau negara.

Hingga saat ini, transaksi mata uang crypto sudah legal di beberapa negara. Penyedia transaksi crypto sudah hadir di restoran, hotel, bar, hingga café. “Yang terbaru bisa bayar uang kuliah pakai crypto. Manfaat dan peminatnya makin banyak,” ujar Achie dalam webinar bertajuk “Mengutas Leaglitas Cryptocurrency: Sesuaikah dengan Hukum Indonesia?” yang digelar Senin sore (10/5).

Sementara itu, cryptocurrency juga bisa digunakan dalam kegiatan mining. “Ketika kita pecahkan teka teki cryptograph, kita dapat reward dari mata uang itu. Kegiatan ini lebih ke security dan sustainabilitas uang itu sendiri,” tutur Achie.

Cryptocurrency bisa juga digunakan dengan tujuan investasi jangka panjang. Achie menilai bahwa sekarang sudah semakin banyak orang yang menaruh minat pada mata uang virtual tersebut.

“Hukum ekonomi secara umum, kalau peminatnya makin banyak, harganya makin naik. Ini bisa jadi alternatif baru dalam investasi. Nilainya akan semakin naik di masa depan,” ungkap Achie.

Selain untuk investasi jangka panjang, cryptocurrency juga bisa digunakan dalam trading sebagai mata uang yang digunakan dalam jual-beli jangka pendek. Achie menilai bahwa mata uang crypto cocok untuk transaksi futures.

“Kita mengedepankan analisis teknikal. Saat bertransaksi, ada analisisnya yang harus kita pahami. Kalau investasi, karena jangka panjang, kita harus gunakan analisis fundamental dan teknikal,” imbuh Achie.

1472