Home Politik Parade Kebangsaan Sambut Hari Lahir Pancasila

Parade Kebangsaan Sambut Hari Lahir Pancasila

Ende, Gatra.com – Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Parade Pesona Kebangsaan untuk menyongsong hari lahir Pancasila 1 Juni 2021. Parade ini diikuti semua ASN dan juga masyarakat Kota Ende.

“Kami gelar parade kebangsaan menyongsong hari lahirnya Pancasila 1 Juni. Kegiatan kali ini kami laksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid -19. Para peserta selain menggunakan masker, juga cukup menjaga jarak,” kata Bupati Ende, Djafar Achmad, Senin (31/5).

Walaupun penyelenggaraan parade pesona kebangsaan tahun ini tidak seperti tahun sebelumny karena pesertanya dibatasi, lanjut Djafar, namun semangat dan makna yang terkandung dalam kegiatan ini tidak boleh pudar dan hilang.

“Nilai-nilai Pancasila harus diamalkan segenap anak bangsa. Ingat, Pancasila itu dilahirkan dari rahim Kota Ende. Dibawa pohon sukun, Bung Karno merenungkan lima sila Pancasila. Kerana itu, kita warga Ende harus dan wajib hukumnya untuk mengamalkan Pancasila,” ujar Djafar.

Spirit Pancasila Rumah kita dari Ende untuk Indonesia yang diamanaatkan almarhum Bupati Ende Marsel Petu kala itu, harus terus digelorakan. Ini agar Pancasila semakin bergema di seantero bumi Indonesia.

“Mari kita sama-sama wujudkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam butir-butir Pancasila menjadi tekad dan kekuatan penghuni bumi Tri Warna Kelimutu Kota Ende, Kota Pancasila,” kata Djafar.

Parade Pesona Kebangsaan ini mulai dari titik star di Dermaga Sukarno. Sedangkan titik akhirnya di Taman Renungan Bung Karno. 

348