Home Ekonomi Prancis Ingin Tingkatkan Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Prancis Ingin Tingkatkan Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Jakarta, Gatra.com – Perancis serius menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Indonesia. Hal tersebut tercermin dari kunjungan kerja Kedutaan Perancis  ke kantor Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Rabu (2/6)

Plt Kepala BPJPH Mastuki mengungkapkan sangat mengapresiasi pertemuan tersebut. Mastuki menyebut, BPJPH sangat terbuka untuk melakukan kerja sama internasional di bidang JPH sesuai amanat Undang-undang. Oleh sebab itu, pertemuan diharapkan dapat mendiskusikan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk MoU (memorandum of understanding) kerja sama kedua negara.

"Dalam pandangan kami, inisiasi untuk melakukan kerja sama Jaminan Produk Halal di antara pemerintah Perancis dan pemerintah Indonesia adalah langkah yang tepat mengingat regulasi mengamanatkan agar kerja sama internasional JPH dilaksanakan atas adanya perjanjian di antara kedua negara." kata Mastuki, Rabu (2/6).

Mastuki menjelaskan bersasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2021, kerja sama internasional JPH dapat dilakukan di antara kedua negara dalam bentuk pengembangan JPH, penilaian kesesuaian, dan/atau pengakuan sertifikat halal. Nantinya, Kerja sama internasional meliputi pengembangan teknologi, sumber daya manusia, dan sarana dan prasarana JPH. Kerja sama dilakukan oleh BPJPH dengan pemerintah atau lembaga lainnya di negara setempat.

"Sebagaimana diatur di dalam Pasal 119 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang JPH, kerja sama internasional di bidang Jaminan Produk Halal tersebut dilaksanakan oleh BPJPH untuk melaksanakan hasil koordinasi dan konsultasi antara Menteri dan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang luar negeri," kata Mastuki menerangkan.

Wakil Kepala Departemen Ekonomi Kedutaan Besar Perancis, Arnaud Tripet, mengatakan bahwa pihaknya ingin meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia yang sudah sejak lama terjalin dengan baik, khususnya melalui sektor perdagangan produk halal. Oleh karena itu, menurutnya perlu ada pembicaraan lebih lanjut terkait teknisnya.

"Perancis dan Indonesia sudah sejak lama menjalin hubungan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan. Kami berharap sinergi ini dapat terus ditingkatkan, khususnya pada perdagangan produk halal. Untuk itu kami merasa perlu mendapatkan penjelasan secara mendalam dari BPJPH terkait kerja sama Jaminan Produk Halal dengan pemerintah Indonesia," ungkap Arnaud Tripet.


 

76