Home Kesehatan Harsen Laboratories: Moeldoko Ingin Indonesia Produksi Ivermectin

Harsen Laboratories: Moeldoko Ingin Indonesia Produksi Ivermectin

Jakarta, Gatra.com – Vice President PT Harsen Laboratories, Sofia Koswara, mengatakan, Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko, sempat memberikan arahan soal Ivermectin, obat yang disebut-sebut mampu melawan Covid-19.

Sofia dalam keterangan tertulis pada Jumat (11/6), menuturkan, Moeldoko merupakan salah satu tokoh penting dalam mempelopori Ivermectin yang kini telah dibagikan di Kudus, Jawa Tengah (Jateng).

Ia mengungkapkan, awalnya pihaknya menyampaikan tentang Ivermectin kepada Moeldoko. Moeldoko kemudian memberikan arahan agar obat ini bisa segera diproduksi di dalam negeri.

"Beliau [Moeldoko] segera memberikan arahan agar diurus izin edarnya, supaya segera bisa diproduksi di dalam negeri dan tidak perlu impor lagi," katanya.

Sofia melanjutkan, pihaknya bergerak cepat untuk menindaklanjutinya agar obat ini segera mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). "Kami akhirnya berhasil mendapatkan izin edar dari BPOM untuk Ivermax," ungkapnya dilansir Antara.

Sofia mengungkapkan bahwa Moeldoko pula yang membuat Ivermectin yang awalnya tidak dikenal di Tanah Air, kini dikenal dan diproduksi di negeri sendiri.

Setelah mendapatkan izin edar dari BPOM, Moeldoko pulalah yang secara resmi mempelopori penyebarannya kepada masyatakat luas melalui HKTI. Obat mulai diedarkan di Kudus, Jawa Tengah.

Pengiriman Invermecin ke Kudus, Jawa Tengah, itu dilakukan karena Kota Kretek tersebut ?saat ini masuk zona merah karena meningkatnya sebaran kasus positif virus SARS CoV-2.

Berdasarkan data dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, Kamis siang (10/6/2021), pukul 12.00 WIB jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit sebanyak 486 orang dan 1.684 orang menjalani isolasi mandiri. Sebanyak 7.085 orang dinyatakan sembuh dan 808 orang meninggal dunia.

Melihat kondisi itu, Moeldoko bertindak cepat dengan memelopori pendistribusian Ivermectin yang disebut-sebut sebagai penawar Covid-19 untuk menolong warga di tiga kecamatan yang paling berat situasinya di tersebut.

Pada Senin (7/6), Ivermectin diserahkan kepada Bupati Kudus, HM Hartopo. Menurut Hartopo, pihaknya menerima bantuan sebanyak 2.500 dosis Ivermectin.

"Tentu kita distribusikan ke rumah sakit, maupun puskesmas," ungkapnya.

Sofia menyampaikan, upaya Moeldoko tersebut merupakan langkah berani dan penuh kepeloporan untuk membantu masyarakat yang terpapar Covid-19.

4617