Home Kesehatan Lonjakan Covid-19, Cilacap Pastikan Kesiapan Tempat Isolasi

Lonjakan Covid-19, Cilacap Pastikan Kesiapan Tempat Isolasi

Cilacap, Gatra.com - Jumlah kasus aktif pasien positif Covid-19 di Kabupaten Cilacap sebulan setelah Lebaran 2021 berdasarkan data Satgas Covid-19 mencapai 1.114 kasus, atau dua kali lipat dari jumlah pasien pada periode yang sama tahun lalu. 

Bupati cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menegaskan, berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Cilacap untuk menekan penularan dan persebaran Covid-19. Upaya itu di antara pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Selain itu, Satgas Covid-19 menggelar operasi protokol kesehatan. Pemkab juga menyediakan isolasi terpadu agar varian baru B.1617.2 dari India yang sempat ditemukan pada ABK asing tidak menyebar luas.

“Kita bisa selesaikan (varian B.1617.2) tidak menyebar luas. Tapi kita jangan lengah, maka Forkopimda saya pimpin langsung. Di mana ada zona merah, kita langsung turun tangan”, kata Bupati, dalam keterangannya, dikutip Jumat (18/6).

Pemantauan zona merah juga dilakukan. Bupati menugaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf untuk meninjau Desa Karangrena, Kecamatan Maos, yang tercatat menjadi salah satu zona merah Covid-19. Data Satgas Penanganan Covid-19 pada 16 Juni 2021, jumlah kasus konfirmasi positif di desa tersebut sebanyak 59 kasus.

“Hari ini saya tugaskan Sekda bersama Asisten turun ke Karangrena, Maos. Ada apa di sana, selesaikan. Kalau bisa tidur di sana. Camat, Kapolsek, Danramil, tidur disana, sampai selesai,” ucap Farid.

Rombongan yang dipimpin Sekda bertolak dari Pendopo Kabupaten Cilacap sekitar pukul 10.00 WIB. Tiba di Desa Karangrena. Rombongan disambut Camat Maos Trias Handayani, Kepala Desa Karangrena Rasito, bersama Forkopimcam dan perangkat desa setempat. Dalam kesempatan ini, Sekda menegaskan kembali pentingnya menjaga protokol kesehatan. Itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 skala lebih luas.

“Kita harus disiplin, untuk sementara kegiatan kemasyarakatan di rem dulu. Kalau memang untuk mencegah penularan Covid-19 harus melarang hajatan harus tegas,” kata Farid, tegas.

Selanjutnya, Sekda bersama rombongan meninjau tempat isolasi terpusat Covid-19 di Desa Karangrena, Kecamatan Maos dan tempat isolasi orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 di SD Negeri Karangtengah 01 Sampang, Kecamatan Sampang. Rombongan juga meninjau rumah rusak akibat terjangan angin kencang di Desa Karangtengah Kecamatan Sampang dan memberikan sejumlah bantuan.

Data Satgas Covid19, per 18 Juni 2021, kasus aktif di Kabupaten Cilacap mencapai 1.114 kasus. Angka ini lebih dari dua kali lipat dibanding sepekan setelah lebaran 2021 lalu. Sementara, total kasus Covid-19 di Cilacap mencapai 13.659, dengan rincian 12.038 orang sembuh, 507 meninggal dunia.

Target vaksinasi Covid-19 hingga pekan ke-20 adalah 256.865. Hingga saat ini, realisasi vaksinasi sudah mencapai 102.782 suntikan pertama, dan 58.071 suntikan kedua. Adapun jumlah vaksin terdistribusi mencapai 201.710.


 

1669