Home Kesehatan Lebih Berdampak, Bupati Tatto Ajak Penyintas Covid-19 Kampanyekan Prokes

Lebih Berdampak, Bupati Tatto Ajak Penyintas Covid-19 Kampanyekan Prokes

Cilacap, Gatra.com– Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mendorong penyintas Covid-19 di Kabupaten Cilacap untuk menjadi relawan. Dalam hal ini, penyintas dapat menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan agar tidak tertular Covid-19.

Kampanye prokes oleh Covid-19 diyakini lebih berdampak atau efektif untuk meyakinkan masyarakat. Pasalnya, penyintas pernah mengalami langsung dan paham persis perjuangan untuk sembuh Covid-19.

Dengan begitu, masyarakat akan lebih percaya dan taat prokes agar tak mengalami hal serupa, sebagaimana dialami oleh penyintas Covid-19. Di luar itu, penyintas juga didorong untuk mengajak masyarakat untuk vaksinasi Covid-19 sebagai upaya menangkal virus tersebut.

“Kasih tahu temannya, jangan sampai sakit, jangan sampai tertular Covid-19. Itu penting sekali,” kata bupati, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gedung DPD Partai Golkar, Jalan Perwira Kelurahan Sidanegara, Cilacap Tengah, Sabtu (17/7).

Bupati menargetkan, hingga akhir tahun 2021 setidaknya 1,1 juta masyarakat Kabupaten Cilacap telah divaksin. Dengan peran serta berbagai pihak, bupati berharap percepatan vaksinasi dapat tercapai lebih awal, sehingga mampu menekan kasus konfirmasi aktif Covid-19.

Dalam peninjauan ini, Bupati didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi. Hadir pula Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Teti Rohatiningsih, ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cilacap Sindi Syakir, serta Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Sidi Mawardi.

Perihal peningkatan Covid-19, bupati juga berpesan agar masyarakat benar-benar menjaga protokol kesehatan. Penularan yang massif akhir-akhir ini diduga karena masyarakat sudah mulai abai prokes sehingga penularan sangat cepat. Mengutip data Satgas Covid-19 Cilacap, Sabtu (17/7), jumlah kasus aktif Cilacap mencapai 2.442 orang. Angka ini menurun 87 dari hari sebelumnya.

Sementara, total jumlah pasien Covid-19 sejak Maret 2020 sebanyak 21.327 orang. JUmlah pasien sembuh mencapai 17.765 orang dan 1.120 lainnya meninggal dunia.

1427