Home Teknologi Hormati Korban Covid-19, Indonesia UFO Day 2021 Ditiadakan

Hormati Korban Covid-19, Indonesia UFO Day 2021 Ditiadakan

Yogyakarta, Gatra.com - Indonesia Space Science Society (ISSS) meniadakan peringatan Hari UFO Nasional atau sering disebut sebagai 'Indonesia UFO Day' tahun ini. UFO Day diperingati setiap 21 Juli.
 
"Kali ini disepakati ditiadakan untuk menghormati korban Covid-19 di Indonesia yang terus meningkat dan juga turut serta mendukung masa PPKM Darurat yang sedang berlangsung," kata Direktur ISSS Venzha Christ dalam rilisnya, Kamis (22/7), di Yogyakarta.
 
Indonesia UFO Day adalah sebuah gerakan yang berupaya menjadi simpul bagi para penggemar fenomena UFO baik amatir maupun profesional, seperti masyarakat sains perbintangan dan periset bidang antariksa.
 
"Setahun sekali diadakan gathering, sharing informasi, serta berkumpul berbagi pandangan dan perkembangan di setiap bidang yang digelutinya," kata Venzha.
 
Indonesia UFO Day pertama kali diperingati pada 2020 lalu. Agenda pertama diperingati tanpa mengundang banyak orang karena dalam kondisi pandemi.
 
Peringatan itu juga dibarengi kemunculan komet C/2020 F3 - NEOWISE yang kemudian diobservasi bersama LAPAN Garut dan perwakilan dari Indonesia UFO Network -IUN.
 
Gelaran tahuan ini merupakan inisiasi dari sebuah platform terbuka, bernama Indonesia UFO Network -IUN. Terbentuk Mei 2019, platform ini dibentuk di HONF Foundation Yogyakarta dan dihadiri oleh 11 komunitas dan institusi. 
 
"Momen itu menjadi cikal bakal untuk mengumpulkan komunitas dan institusi se-Indonesia setelahnya, yaitu pada bulan Juli 2019," tulis Venzha.
 
Karena dianggap sebagai pertemuan terbesar, mengumpulkan berbagai komunitas dan institusi, serta didukung oleh beberapa lembaga penting di Indonesia, tanggal saat gelaran itu, 21 Juli, diabadikan sebagai Hari UFO Indonesia.
 
Untuk kegiatan tahun ini, Venzha mengatakan masih akan menunggu situasi dan perkembangan masa pandemi di tanah air. 
 
"Penjadwalan ulang akan ditargetkan pada Desember 2021, bersamaan dengan Groundbreaking VMARS (v.u.f.o.c Mars Analogue Research Station), serta rangkaian workshop oleh HONF Foundation dan v.u.f.o.c," ucapnya.
 
151