Home Ekonomi Bantuan Beras untuk 7 Juta Keluarga Mulai Disalurkan

Bantuan Beras untuk 7 Juta Keluarga Mulai Disalurkan

Jakarta, Gatra.com - Kamar Dagang Indonesia (KADIN) melalui Pengusaha Peduli NKRI dengan menggandeng Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyalurkan donasi 35.000 ton beras bagi 7 juta keluarga yang terdampak pandemi Covid-19.

Di samping beras, Kadin turut mendonasikan bantuan berupa konsentrator oksigen dan obat-obatan.

Koordinator Pengusaha Peduli NKRI, G. Sulistiyanto mengungkapkan bahwa aksi donasi ini berangkat dari inisiatif para pengusaha yang menaruh kepedulian terhadap masyarakat mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta obat dan alat kesehatan di tengah lonjakan kasus Covid-19.

“Donasi yang dialokasikan guna pengadaan bantuan sekitar 35.000 ton beras bagi 7 juta kepala keluarga, konsentrator oksigen, aktivasi sentra vaksin, serta penyaluran obat-obatan yang masih sulit diperoleh pasien Covid-19,” kata koordinator Pengusaha Peduli NKRI, G. Sulistiyanto, dalam Kickoff penyerahan beras secara simbolis di Tzu Chi Center, Jakarta, Jumat (23/07).

Sementara itu, Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid turut mengapresiasi aksi sosial tersebut.

“Saya selaku Ketua umum Kadin menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pengusaha peduli NKRI dan Yayasan Buddha Tzu Chi yang kembali menggalang donasi sebagai lanjutan yang dilakukan Maret tahun lalu,” ujar Arsjad.

Sampai saat ini, tercatat perusahaan yang bergabung dalam aksi donasi ini adalah Sinar Mas, Agung Sedayu Group, PT Astra International Tbk, Djarum Foundation, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Barito Pacific Tbk, PT Intisumber Bajasakti, First Resources Ltd., Putera Sampoerna Foundation, PT Sampoerna Agro Tbk., Panin Group, Triputra Group, KPN Corp, Gan Konsulindo.

Lalu, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Permata Hijau Group, PT Samudra Marine Indonesia serta PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

“Dukungan ini merupakan pernyataan sikap pelaku usaha 'Perang Melawan Pandemi'. Saya berharap bantuan selain dapat memperkuat daya tahan masyarakat menghadapi pandemi juga turut menggugah perusahaan lain untuk turut bergabung,” jelasnya.

Terkait prosedur penyaluran bantuan, Pembina Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Sinar Mas, Hong Tjhin menuturkan akan melibatkan para relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di sejumlah wilayah bersama bantuan dari aparat TNI-Polri.

“Bantuan beras adalah kelanjutan dari penyaluran yang berlangsung sejak Perayaan Imlek Nasional bulan Februari silam hingga kini. Karena pandemi harus dihadapi dengan kesatuan hati dan kebersamaan semua pihak,” pungkas Hong Tjin.

199