Home Teknologi Jokowi Instruksikan BRIN Konsolidasikan Riset & Inovasi Nasional

Jokowi Instruksikan BRIN Konsolidasikan Riset & Inovasi Nasional

Jakarta, Gatra.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Riset dan Inovasi (BRIN) untuk terus mengintegrasikan riset dan inovasi di dalam negeri. Menurutnya, dengan banyaknya peneliti dan inovator serta diaspora peneliti kelas dunia, Indonesia sudah selayaknya mampu mengonsolidasi kekuatan tersebut.

"Ada ratusan ribu peneliti dan inovator yang kita miliki dan juga ribuan diaspora peneliti kelas dunia. Oleh karena itu, pertama, saya minta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk segera mengonsolidasikan dan integrasi kekuatan riset dan inovasi nasional,” ujar Presiden di acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-26, Selasa (10/8).

Baca Juga: Inovasi Digital Pertanahan, ATR/BPN Dianugerahi Gatra Awards

Lebih lanjut, Jokowi meminta BRIN untuk berburu inovasi dan teknologi dari para peneliti dan inovator Indonesia untuk diinkubasikan, diterapkan, dan diindustrikan. Ia menekankan bahwa Indonesia tak bisa lagi menjadi konsumen teknologi. Terlebih dengan pasar yang besar dan sumber daya alam (SDA) berlimpah, Jokowi menilai Indonesia sejatinya mampu menjadi produsen teknologi.

"BRIN harus berani memotori akuisisi teknologi maju yang belum kita miliki, dan kemudian mengembangkannya. Mungkin saja teknologi yang kita butuhkan belum diproduksi dalam negeri, BRIN harus menyiapkan strategi akuisisi yang cepat dan akurat," ucapnya.

Jokowi menuturkan bahwa BRIN harus mampu mengorkestrasi sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, program, dan anggaran agar menjadi kekuatan besar untuk menghasilkan karya nyata yang dapat memakmurkan kehidupan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Menanti Pembentukan BRIN demi Kemajuan Ekonomi Bangsa

“BRIN harus segera menyinergikan peneliti di lembaga-lembaga pemerintah dan swasta, startup teknologi, talenta, diaspora, dan anak-anak muda yang sangat militan,” ujar Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi turut menyampaikan ucapan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-26. "Selamat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-26. Mari kita konsolidasikan kekuatan nasional kita untuk menjadikan kita sebagai produsen teknologi bagi Indonesia yang tangguh, Indonesia maju, dan Indonesia yang terus tumbuh,” kata Jokowi.

322