Home Internasional Penelitian: Kemanjuran Vaksin COVID-19 Berkurang pada Varian Delta

Penelitian: Kemanjuran Vaksin COVID-19 Berkurang pada Varian Delta

London, Gatra.com - Sebuah studi kesehatan masyarakat Inggris telah menemukan bahwa perlindungan salah satu dari dua vaksin COVID-19, yang paling umum digunakan terhadap varian Delta dari virus corona mengalami pelemahan dalam waktu tiga bulan.

Dikutip Reuters, Kamis (19/8), selain itu juga ditemukan bahwa mereka yang terinfeksi setelah menerima dua suntikan vaksin Pfizer-BioNTech atau AstraZeneca, kemungkinan berisiko lebih besar dibandingkan pada varian virus corona sebelumnya.

Berdasarkan data lebih dari tiga juta dilakukan tes usap hidung dan tenggorokan yang diambil di seluruh Inggris. Studi Universitas Oxford menemukan bahwa 90 hari setelah suntikan kedua vaksin Pfizer atau Astrazeneca, kemanjurannya dalam mencegah infeksi masing-masing turun menjadi 75 persen dan 61 persen.

Penurunan itu dari 85 persen dan 68 persen, yang masing-masing, terlihat dua minggu setelah dosis kedua. Penurunan tingkat kemanjuran lebih menonjol di antara mereka yang berusia 35 tahun ke atas dibandingkan mereka yang berusia di bawah usia tersebut.

“Kedua vaksin ini, dengan dua dosis, masih bekerja sangat baik melawan Delta… Ketika Anda memulai dengan sangat, sangat tinggi, perjalanan Anda masih panjang,” kata profesor statistik medis dan kepala penyelidik Oxford, Sarah Walker.

Walker tidak terlibat dalam pengerjaan vaksin AstraZeneca, yang awalnya dikembangkan oleh pakar imunologi di Oxford.

Para peneliti tidak akan memproyeksikan berapa banyak lagi perlindungan yang akan turun dari waktu ke waktu, meski tetap menyarankan bahwa kemanjuran kedua vaksin yang dipelajari akan menyatu dalam 4-5 bulan setelah suntikan kedua.

Menyoroti peningkatan risiko penularan dari varian Delta, penelitian ini juga menunjukkan bahwa mereka yang terinfeksi --meskipun telah divaksinasi lengkap-- cenderung memiliki viral load yang serupa dengan yang tidak divaksinasi dengan infeksi, penurunan yang jelas sejak varian Alpha yang masih dominan di Inggris.

Temuan Oxford sejalan dengan analisis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dan datang ketika pemerintah AS menguraikan rencana untuk membuat suntikan penguat vaksin COVID-19 yang tersedia secara luas bulan depan, di tengah peningkatan infeksi varian Delta. Mengutip data yang menunjukkan perlindungan yang berkurang akibat vaksin dari waktu ke waktu.

Pfizer mengatakan kemanjuran vaksinnya menurun seiring waktu. 

Bulan lalu AstraZeneca mengatakan masih mencari tahu berapa lama perlindungan vaksinnya bertahan dan apakah dosis booster diperlukan untuk menjaga kekebalan.

“Fakta bahwa kami melihat … lebih banyak petunjuk viral load (…) bahwa kekebalan kelompok mungkin menjadi lebih menantang,” kata rekan penulis Koen Pouwels, juga dari Universitas Oxford.

Kekebalan kelompok adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap patogen, baik dengan vaksinasi atau infeksi sebelumnya, sehingga menghentikan pertumbuhan jumlah infeksi.

“Vaksin mungkin paling baik dalam mencegah penyakit parah dan sedikit mencegah penularan,” kata Pouwels.

Para penulis memperingatkan bahwa konsentrasi virus di tenggorokan hanyalah gambaran kasar untuk tingkat keparahan gejala dan bahwa mereka tidak memiliki data baru tentang durasi infeksi.

Survei tersebut, yang belum ditinjau sebelum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, menegaskan bahwa kekhawatiran para ilmuwan terhadap varian Delta, ---pertama kali diidentifikasi di India-- dapat menginfeksi orang yang divaksinasi penuh pada tingkat yang lebih besar dibandingkan bahwa orang yang divaksinasi dapat lebih mudah menularkannya.

Untuk membedakan periode sebelum dan sesudah Delta, para peneliti Oxford menganalisis sekitar 2,58 juta swab yang diambil dari 380.000 orang dewasa yang dipilih secara acak antara 1 Desember 2020, dan 16 Mei 2021, dan 810.000 hasil tes dari 360.000 peserta antara 17 Mei dan Agustus. 1.

Studi ini dilakukan dalam kemitraan dengan Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) dan Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial (DHSC).

772