Home Kesehatan Masyarakat Adat Pikir Covid-19 Hanya Enam Bulan

Masyarakat Adat Pikir Covid-19 Hanya Enam Bulan

Jakarta, Gatra.com - Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Ruka Simbolinggi, mengungkapkan bahwa beberapa masyarakat adat sempat mengira bahwa pandemi Covid-19 hanya akan melanda Indonesia tak lebih dari enam bulan.

“Sebenarnya sampai bulan enam, bulan lima, kami masih merasa bahwa asik kita masyarakat adat masih aman,” ujar Ruka dalam sebuah konferensi pers virtual yang digelar pada Rabu, (8/9/2021).

“Kita meminta seluruh masyarakat adat untuk melakukan ritual karena dulu [kita menganggap] krisis ini hanya akan enam bulan. Salah hitung rupanya. Kita pikir cukup ada makanan sampai enam bulan dan ternyata jauh lebih lama,” imbuh Ruka.

Walau demikian, Ruka bersyukur bahwa sejauh ini wilayah-wilayah adat yang mempunyai kendali penuh atas wilayahnya masih memiliki perbendaharaan makanan yang cukup.

“Bahkan ada yang punya kemewahan untuk bisa berbagi dengan teman-teman lain yang berkekurangan,” ujar Ruka.

Pemerintah Indonesia saat ini masih akan tetap menerapkan PPKM berbagai level hingga 13 September 2021 mendatang. Walau kondisi pandemi dinilai mereda di Jawa-Bali, kekhawatiran tetap menghantui wilayah-wilayah di luar Jawa-Bali, tak terkecuali wilayah-wilayah yang dihuni masyarakat adat.

75