Home Kebencanaan Nekat Berenang, Seorang Pria Hilang Ditelan Muara Logending

Nekat Berenang, Seorang Pria Hilang Ditelan Muara Logending

Cilacap, Gatra.com– Seorang pria dilaporkan hilang tenggelam saat sedang berenang di depan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara logending, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (14/9).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan dari informasi yang diperoleh Basarnas, pria tersebut berenang menyeberangi muara dari TPI Jetis ke TPI Logending, yang berada di sisi berbeda.

“Informasi awal dari Bapak Marimun (Ketua Nelayan Jetis) bahwa pada Pukul 10.00 Wib terjadi seorang warga tanpa identitas sedang berenang dan menyeberang dari TPI Jetis ke TPI Logending tepatnya di muara pantai logending,” katanya, Selasa petang.

Nahas, saat berenang, pria itu kemudian tenggelam. Dugaan sementara, karena kehabisan tenaga. “Saat sedang berenang banyak saksi yang langsung melihat kejadian tersebut dengan ciri-ciri korban lelaki memakai baju putih dan celana pendek yang sedang berenang di muara tersebut kemudian tenggelam,” ujarnya.

Mengetahui hal itu, warga kemudian langsung berusaha menolong. Namun sayang, pria tersebut tidak ditemukan lantaran tenggelam. Salah satu saksi, Marimun kemudian melaporkan ke kepolisian yang lantas meneruskannya kepada Kantor Basarnas Cilacap. Basarnas memberangkatkan satu regu tim SAR dengan peralatan lengkap untuk melakukan pencarian. “Kita langsung memberangkatkan satu regu untuk berangkat ke lokasi kejadian beserta peralatan lengkap di air,” ujarnya.

Dia menjelaskan, di lokasi, Basarnas berkoordinasi dengan unsur SAR yang sudah terlebih dulu berada di perairan ini. Pencarian dilakukan dengan penyisiran darat dan air. Selain perahu karet, Basarnas juga dibantu perahu milik nelayan.

Sayangnya, sampai sore tiba, korban belum ditemukan. Petugas terkendala debit air yang cukup tinggi dan kedalaman perairan. “Pencarian akan kita lanjutkan besok pagi sesuai rencana Operasi SAR yang akan kita koordinasikan bersama semua unsur terlibat apakah memungkinkan akan kita lakukan penyisiran dengan perahu jukung katir di laut,” ucapnya.

Dalam pencarian ini, sejumlah unsur SAR bergabung. Selain Basarnas Kantor SAR Cilacap, ada pula personel dari Polsek Ayah, Koramil Ayah, Polair Logending, Pos AL Logending, SAR Jetis, SAR Lawet Perkasa dan Nelayan Sekitar.

1722