Home Milenial Siswa MAN 1 Kota Semarang Buat Robot My Boo Untuk Teman Bermain Anak di Rumah

Siswa MAN 1 Kota Semarang Buat Robot My Boo Untuk Teman Bermain Anak di Rumah

Semarang, Gatra.com - Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang membuat robot My Boo yang bisa menemani bermain anak-anak di rumah selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Robot My Boo diprogram menggunakan aplikasi arduino yang ada pada perangkat komputer. Robot ini mampu bergerak secara otomatis dengan bantuan sensor yang terpasang pada robot.

Pembuatan robot My Boo dilakukan Tim Robotik Luminous MAN 1 Kota Semarang terdiri atas Fentika Zahra Qoirunnisa (siswa kelas XII Agama 1), Komara Indra Putra (XII MIPA 2), dan Galih Dwi Suwarno (XI MIPA 2).

Menurut Fentika, My Boo dirancang untuk menemani anak-anak bermain di rumah selama PPKM agar tidak stress, dan lainnya.

“Robot ini memiliki sembilan fitur yakni bisa mencari keberadaan benda, melakukan tos, mengelus-elus kepala robot, memberikan nasihat, bisa berjalan mengikuti orang, bermain sepak bola, menyediakan masker, memberikan ucapan selamat tidur, dan peringatan ketika robot terkena air,” katanya, Kamis (7/10).

Menurutnya, pembuatan robot My Boo membutuhhkan waktu dua pekan, dengan biaya mencapai Rp1 juta yang dibantu dari sekolah senilai Rp900 ribu.

Komponen inti robot dari lego untuk bagian tubuh dan sensor-sensor seperi CDV, sensor air, dan olet. Untuk daya sumber menggunakan power bank.

Untuk menggerakan robot My Boo, lanjut Fentika menggunakan perintah Bahasa Inggris, karena sesuai ketentuan saat diikutkan pada lomba internasional di Korea harus memakai bahasa Inggris.

“Robot My Boo dirancang untuk mengikuti lomba International Youth Robot Competition (IYRC) Korea pada Agustus 2021,” ujarnya.

Pada ajangn IYRC yang diikuti dari sejumlah negara tersebut karya Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang tersebut meraih medali emas.

“Alhhamdullah dapat medali emas. Kami bangga dengan pencapain ini,” ujarnya.

Dia menambahkan robot My Boo masih prototip sederhana, belum realitis sehingga bentuknya belum menarik dan membuat anak anak merasa senang ketika bermain.

“Bila dibuat robot yang realitis biayanya besar. Kalau ada yang mau membiayai bisa dibuat robot My Boo yang realistis sehingga menarik bentuknya,” harapnya.

Sementara, Pembimbing Robotik MAN 1 Kota Semarang Aris Fakhrudin, menyatakan bila memang banyak peminat robot My Boo tidak menutup kemungkinan akan dibuat lebih baik.

“Kalau ada permintaan banyak, insya Allah akan kita usahakan diproduksi lebih baik dan banyak,” ujarnya.

Menurut Aris, pembentukan tim robotik siswa belum ada satu tahun, karena dibentuk pada awal Maret 2021, namun telah menunjukkan prestasi internasional.

Sebelumnya Tim Robotik MA 1 Kota Semarang dengan karya Robot Covid Heroes Bot berhasil meraih medali emas pada kompetisi Robot Competition Asian Youth Robotic Olympiad (AYRO) Singapore 2021.

“Kami mendukung sekali kegiatan robotik siswa ini,” kata Aris yang juga Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.


 

1446