Home Internasional Uji Pertahanan Anti Rudal, Iran Diambang Perang Lawan Israel dan Amerika?

Uji Pertahanan Anti Rudal, Iran Diambang Perang Lawan Israel dan Amerika?

Teheran, Gatra.com-  Militer Iran mengatakan pada Rabu bahwa pihaknya telah berhasil menguji pertahanan anti-rudal untuk situs-situs "sensitif" selama latihan perang di Iran tengah, setelah Israel dan AS memperingatkan tentang program nuklirnya. Demikian AFP, 13/10.

“Pertahanan udara negara itu sangat siap untuk melindungi instalasi sensitif dan vital melalui sistem pertahanan berlapis-lapis,” kata Jenderal Amir-Qader Rahimzadeh, komandan pangkalan udara Hazrat Khatam al-Anbiya di Semnan, dikutip oleh kantor berita Fars.

Latihan, yang dimulai Selasa, menggabungkan sistem pertahanan "Majid" tentara dengan sistem "Dezful" dari Korps Pengawal Revolusi elit untuk menghancurkan rudal jelajah yang masuk.

Wilayah tengah Iran adalah rumah bagi pabrik pengayaan Natanz dan situs nuklir lainnya. Latihan perang di sana dilakukan menjelang kunjungan ke Iran yang diharapkan pada Kamis oleh utusan Uni Eropa yang mengoordinasikan pembicaraan tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir yang bermasalah antara Teheran dan negara-negara besar termasuk Amerika.

“Pertahanan yang solid dan berlapis terhadap serangan rudal jelajah adalah salah satu tujuan latihan pertahanan udara bersama yang berhasil dilakukan,” kata Rahimzadeh.

Sistem pertahanan udara ini mulai sekarang “dikerahkan di seluruh negeri,” kata kepala cabang kedirgantaraan Korps Pengawal, Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh.

“Kami tidak memiliki kemampuan ini 15 tahun yang lalu. Kami bergantung pada peralatan asing untuk radar dan sistem darat-ke-udara,” katanya.

Radar dan sistem pengawasan elektronik juga dikerahkan dalam operasi tersebut, kata kantor berita negara IRNA.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett memperingatkan dalam sebuah pidato di Majelis Umum PBB bulan lalu bahwa negaranya "tidak akan mengizinkan" Teheran mengembangkan senjata nuklir.

Washington juga berkomitmen untuk memastikan "Iran tidak pernah mengembangkan" bom nuklir, kata Presiden AS Joe Biden pada Agustus.

"Kami mengutamakan diplomasi dan melihat ke mana itu membawa kami," katanya. "Tetapi jika diplomasi gagal, kami siap untuk beralih ke opsi lain."

Baik Biden dan Bennett mengisyaratkan kemungkinan penggunaan sarana militer, Ali Shamhkani, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, telah mentweet. Teheran mengatakan program nuklirnya untuk tujuan damai.

Utusan Uni Eropa Enrique Mora akan mengunjungi Iran dengan tekanan yang meningkat dari negara-negara Eropa, serta dari pemerintahan Biden, untuk memulai kembali negosiasi dengan cepat tentang kembalinya AS ke kesepakatan nuklir 2015. Kementerian luar negeri Iran mengumumkan misi Mora ke negara itu.

Kesepakatan 2015 memberi Iran keringanan sanksi sebagai imbalan atas pembatasan program nuklirnya, tetapi telah mendukung kehidupan sejak 2018, ketika presiden AS saat itu Donald Trump secara sepihak menarik diri dan menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan.

Iran telah berulang kali mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melanjutkan pembicaraan "segera".

Rob Malley, negosiator AS yang memimpin pembicaraan tidak langsung dengan Iran awal tahun ini, mengatakan di Washington pada hari Rabu bahwa pemerintahan Biden lebih suka kembali ke kesepakatan 2015.

Tapi ada kemungkinan Teheran akan "memilih jalan yang berbeda", dan AS bekerja dengan sekutu regional pada Rencana B, katanya.

3030