Home Ekonomi Pemprov Dorong Produk Lokal Asal Sumsel Kantongi Label SNI

Pemprov Dorong Produk Lokal Asal Sumsel Kantongi Label SNI

Palembang, Gatra.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendorong pelaku usaha di Bumi Sriwijaya untuk menjaga kualitas produknya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Hal itu disampaikan Gubernur Sumsel, Herman Deru, saat menerima audiensi Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh Syaefudin Achmad, di ruang VIP Room Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Senin (18/10).

Menurutnya, masyarakat Sumsel harus sadar akan pentingnya SNI sebagai label yang diharapkan berdampak baik terhadap kualitas produk lantaran memiliki standar yang tetap. “Tujuan SNI adalah untuk menjaga mutu dan kualitas pruduk agar tetap sama. Jangan sampai produk itu menurun kualitasnya setelah memiliki branding di masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, edukasi terkait pentingnya SNI pun perlu dilakukan pihak BSN kepada masyarakat Sumsel. Tujuannya, untuk mendorong pengetahuan masyarakat akan pentingnya SNI bagi produk yang mereka jual ataupun hasilkan.

“Produk hasil industri lokal asal Sumsel harus sudah melihat peluang ini. Sehingga ada standar khusus bagi produk-produk yang ada di Sumsel,” katanya.

Karena itu, pemerintah provinsi setempat juga mendorong pihak BSN turut memberikan sosialisasi SNI kepada masyarakat secara luas, terutama bagi para pelaku usaha di Sumsel.

Sementara itu, Kukuh Syaefudin Achmad, mengatakan, BSN merupakan lembaga non kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI. Kehadirannya pun diharap memberi kontribusi standar perlindungan masyarakat Indonesia, kesehatan, dan pengamanan bagi pelaku usaha.

“Hasil utamanya SNI. Saat ini, SNI ada 13.000-an di Indonesia. Di Sumsel sendiri sudah ada produk yang sudah memiliki SNI, termasuk Pempek,” ujarnya.

Bukan itu saja, sambungnya, dalam kesempatan ini pihaknya turut mengajukan pembentukan UPT BSN di Provinsi Sumsel. “Kita juga meminta izin kepada Gubernur Sumsel untuk menyelenggarakan bulan mutu nasional tahun 2021 di Sumsel,” katanya.

Menurutnya, ada banyak manfaat yang didapat dari penerapan SNI produk. Mulai dari meningkatkan daya saing industri nasional, menjamin mutu hasil industri, serta menciptakan persaingan usaha yang sehat dan adil. “Selanjutnya, penggunaan SNI juga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya karena terjadi optimasi proses produksi,” katanya.

1121