Home Kebencanaan Antisipasi Bencana, Pemkab Brebes Siapkan Rp5 Miliar

Antisipasi Bencana, Pemkab Brebes Siapkan Rp5 Miliar

Brebes, Gatra.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk mengantisipasi bencana alam pada musim penghujan. Sejumlah wilayah di kabupaten ini rawan banjir, longsor dan tanah bergerak.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, potensi bencana alam pada musim penghujan lebih tinggi dibandingkan pada musim kemarau, sehingga perlu kewaspadaan dari semua pihak.

"Brebes merupakan kabupaten terluas kedua dan penduduk terbanyak di Jawa Tengah yang terdiri dari pegunungan, dataran rendah dan pantai, sehingga memerlukan antisipasi ekstra," kata Idza saat apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Islamic Centre Brebes, Jumat (29/10).

Menurut Idza, bencana alam yang diantisipasi yakni banjir, tanah longsor, tanah bergerak, dan puting beliung. Wilayah yang rawan banjir meliputi Kecamatan Tanjung, Brebes, Ketanggungan, Larangan dan Losari. Sedangkan wilayah rawan longsor dan tanah bergerak berada di Kecamatan Salem, Bantarkawung, Bumiayu, Paguyangan dan Tonjong. Adapun angin puting beliung berpotensi terjadi di seluruh wilayah.

“Kewaspadaan dalam menghadapi bencana sangat penting untuk mengurangi resiko bencana, yaitu jatuhnya banyak korban jiwa,” katanya.

Idza mengatakan, tahun ini Pemkab sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk mengantisipasi bencana alam. Selain itu, langkah antisipasi lainnya yakni dengan memastikan kesiapan sarana dan prasarana penunjang penanganan bencana.

Idza juga meminta dinas terkait melakukan pemetaan dan pengecekan daerah yang berpotensi terjadinya bencana alam seiring mulai memasuki musim penghujan. 

"Lakukan pengecekan tanggul sungai, apakah ada retakan yang rawan jebol, tebing rawan longsor, drainase mampat, dan hutan gundul," ujarnya.

Idza menambahkan, apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana digelar untuk menyamakan persepsi dan koordinasi seluruh instansi terkait dari pemkab, TNI-Polri dan relawan agar penanganan bencana dapat berjalan cepat, tepat dan optimal.

"Ini juga juga sebagai ajang unjuk kekuatan kepada warga Brebes, bahwa Pemkab bersama unsur terkait dan para relawan sudah siap membantu masyarakat jika terjadi bencana," ujarnya.

1132