Home Politik Anies Baswedan Terima Gelar Kehormatan dari Bamus Betawi

Anies Baswedan Terima Gelar Kehormatan dari Bamus Betawi

Jakarta, Gatra.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendapat gelar kehormatan Pemuka Utama Budaya Betawi dari Majelis Adat Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi. Penganugerahan gelar ini berlangsung di Balai Agung Balai Kota DKI Jakarta pada Minggu (31/10).

 

 

 

Total ada 11 tokoh , termasuk Anies yang mendapatkan gelar kehormatan "Pemuka Utama Budaya Betawi" dan "Pemuka Madya Budaya Betawi, beberapa diantaranya  mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jakarta Abrahaman Lunggana (Haji Lulung), dan anggota DPD RI Provinsi DKI Jakarta Sylviana Murni.

 

 

 

Dalam acara, beberapa tokoh yang mendapatkan gelar kehormatan diberikan piagam  dan dipasangkan cukin oleh Ketua Umum Majelis Adat Bamus Betawi, Nuri Thaher.

 

 

Nuri menyebutkan bahwa tokoh-tokoh yang mendapatkan gelar kehormatan adalah mereka yang dinilai baik dan bisa membimbing masyarakat.

 

 

"Memberikan kehormatan kepada para tokoh yang bertugas di Jakarta yang dinilai oleh keluarga besar Majelis Adat Bamus Betawi ,baik dan bisa membimbing masyarakat pada umumnya,"tutur Nuri .

 

Terkait Anies, Nuri berujar bahwa mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  ini betul-betul meneladani pemikiran-pemikiran rakyatnya. "Meneladani pemikiran-pemikiran rakyatnya, bagaimana dia mencintai rakyatnya, dan bagaimana dia membangun Jakarta untuk kebahagiaan masyarkat Jakarta khususnya kaum betawi,"ucap Nuri.

 

 

Anies  mengucapakan terima kasih dan mengapresiasi atas gelar kehormatan yang diberikan Bamus Betawi. Ia memandang hal ini sebagai amanah yang akan dijunjung dengan sebaik-baiknya.

 

 

"Yang InysaAllah nanti akan dijunjung dengan sebaik-baiknya dan insyaAllah kerja kita semua untuk masyarakat Jakarta, untuk masyarakat betawi akan jalan terus,"ucap Anies.

 

 

 

Dalam kesempatan tersebut Anies menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menjaga penghargaan dengan sebaik-baiknya dan berharap kerjasama antara Pemprov DKI dengan Bamus Betawi terus berjalan dengan baik.

 

 

 

Menurut Ketua Umum Bamus Betawi, Haji Lulung,  tokoh-tokoh yang mendapatkan penghargaan ini telah memberikan kontribusi kepada masyarakat Jakarta, termasuk masyarakat Betawi.

 

 

"Ini adalah para tokoh yang telah memberikan kontribusi kepada masyarakat Jakarta pada umumnya dan khususnya pada pembangunan kota Jakarta,"ucapnya.

 

 

 

Berikut adalah 11 tokoh yang mendapatkan gelar kehormatan dari Majelis Adat Bamus Betawi adalah:

 

 

 

1. Mayjen. TNI (Purn) Dr (HC). H. Eddie Marzuki Nalapraya gelar Kehormatan Pemuka Utama Budaya Betawi

 

 

2. Letjen. TNI (Purn) Dr (HC) H. Sutiyoso gelar Kehormatan Pemuka Utama Budaya Betawi

 

 

3. Dr. Ing. H. Fauzi Bowo gelar Kehormatan Pemuka Utama Budaya Betawi

 

 

4. Anies Rasyid Baswedan gelar Kehormatan Pemuka Utama Budaya Betawi

 

 

5. H. Prasetyo Edi Marsudi gelar Kehormatan Pemuka Utama Budaya Betawi

 

 

6. S.H, Prof. Dr. K.H. Syukron Ma'mun, B.A gelar Kehormatan Pemuka Utama Budaya Betawi

 

 

7. H. Abraham Lunggana, S.H gelar Kehormatan Pemuka Madya Budaya Betawi

 

 

8. H. Mohamad Taufik gelar Kehormatan Pemuka Madya Budaya Betawi

 

 

9. Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H. gelar Pemuka Madya Budaya Betawi

 

 

10. M.Si, Merry Hotma, S.H gelar Kehormatan Pemuka Madya Budaya Betawi

 

 

11. H. Chaeruddin gelar Kehormatan Pemuka Madya Budaya Betawi

552