Home Kesehatan Gerimis Matik, Jurus Kota Tegal Nol Stunting

Gerimis Matik, Jurus Kota Tegal Nol Stunting

Tegal, Gatra.com – Angka stunting di Kota Tegal, Jawa Tengah terus menurun dari tahun ke tahun. Pemerintah kota setempat menargetkan bisa mencapai zero stunting dengan Gerimis Matik.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Roro Kusnabilla Erfa mengatakan, Gerimis Matik atau gerakan intensif minum susu dan makan telur itik merupakan program pengurangan angka stunting di Kota Tegal.

“Gerakan intensif minum susu dan makan telur itik adalah salah satu upaya untuk mendukung tercapainya target zero stunting di Kota Tegal,” ujar Roro saat pencanangan Gerimis Matik di Pendopo Ki Gede Sebayu, Balai Kota Tegal, Selasa (16/11).

Roro mengatakan, angka stunting di Kota Tegal pada 2019 mencapai 7.03%. Kemudian pada 2020 turun menjadi 6,49%. Sementara pada tahun ini per Januari angkanya 4,76 %.

“Melihat data ini, terjadi penurunan angka stunting Kota Tegal setiap tahunnya dan jauh lebih rendah dibandingkan dengan angka stunting nasional pada 2019, yaitu 27,7%," ujarnya.

Roro menjelaskan, Gerimis Matik sebagai kegiatan kampanye dapat memberikan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi susu dan telur itik untuk kesehatan serta pemahaman lebih mengenai sumber makanan dan minuman dari hewani yang bergizi tinggi dan kaya akan protein hewani.

"Kegiatan gerakan minum susu dan makan telur itik ini berpola pada pemberian satu paket produk berisi susu dan telur itik yang akan diberikan secara langsung sebanyak dua kali pemberian kepada 300 anak, serta sosialisasi seputar pemenuhan konsumsi sumber zat gizi berasal dari hewani," jelasnya.

Roro yang juga merupakan seorang dokter berharap dengan menggencarkan Gerimis Matik, masyarakat sadar akan pentingnya mengkonsumsi protein hewani, terutama dalam pemenuhan gizi untuk tumbuh kembang anak agar menjadi generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

"Selain wajib vaksin, di masa pandemi Covid-19 ini tubuh juga memerlukan asupan makanan yang bergizi agar daya tahan tubuh meningkat sehingga dapat terhindar dari paparan virus corona," tandasnya.

Plt Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian Dan Pangan (Dislatan) Kota Tegal, Sirat Mardanus mengatakan, pelaksanaan program Gerimis Matik menggandeng sejumlah organisasi perangkat daerah untuk menurunkan angka stunting di Kota Tegal hingga zero. Salah satunya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait data sasaran program.

"Program Gerimis Matik tahun 2021 ada lima kelurahan yang menjadi sasaran yaitu Kelurahan Panggung, Mintaragen, Kraton, Muarareja dan Tegalsari," ujarnya.

1133