Home Sumbagsel Membangkitkan Kembali Budaya Lokal Lewat Siguntang Fest 2021

Membangkitkan Kembali Budaya Lokal Lewat Siguntang Fest 2021

Palembang, Gatra.com - Guna melestarikan budaya lokal di Sumatera Selatan (Sumsel), pemerintah provinsi setempat menggelar Siguntang Fest 2021 yang terpusat di Taman Bukit Siguntang, Palembang, Selasa (23/11).

Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, Mawardi Yahya mengaku bahwa pemerintah provinsi (Pemprov) konsisten mengangkat budaya atau kearifan lokal, sejarah di Bumi Sriwijaya. Bahkan, upaya untuk terus menghidupkan budaya dan kearifan lokal itupun dituangkan melalui festival kali ini.

“Walaupun kini merupakan zaman modern, tapi budaya ini tak boleh dilupakan. Karena itu, agar budaya di Sumsel ini tetap tumbuh, kita terus konsisten menggelar festival semacam ini,” ujarnya usai membuka Siguntang Fest 2021 ini.

Bukan itu saja, lanjutnya, hal itu juga sebagai langkah untuk meningkatkan kembali pertumbuhan pariwisata di wilayahnya. Karena itu, kini Pemprov Sumsel terus menggalakkan kegiatan budaya masyarakat lokal. "Di festival inilah kita menampilkan budaya-budaya asli Sumsel. Ini juga jadi sarana kita guna mempromosikan budaya sehingga bisa diketahui daerah lain," katanya.

Sambung Mawardi, langkah tersebut juga merupakan jembatan edukasi sehingga masyarakat Sumsel lebih paham akan sejarah lokal. "Saat ini banyak sejarah-sejarah yang belum diketahui masyarakat. Nah, ini kita sosialisasikan melalui kegiatan ini. Kita harap kegiatan ini dapat meningkatkan kembali pertumbuhan pariwisata di Sumsel," ujarnya.

Terlebih, masih kata dia, Sumsel sendiri nantinya akan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) pada tahun 2022 mendatang. Hal tersebut juga tentunya berkaitan erat dengan budaya.

"Dalam fornas nanti akan menyajikan olahraga rekreasi masyarakat yang saat ini sempat terlupakan seperti gobak sodor, layang-layang dan lainnya. Padahal, permainan olahraga itu merupakan budaya kita pada masanya. Budaya-budaya semacam inilah yang harus kita tumbuhkan kembali," katanya.

Dirincikannya, setidaknya 46 kegiatan yang akan meramaikan Fornas tersebut. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun akan membuka langsung kegiatan itu. Fornas tersebut bukan pertandingan olahraga untuk prestasi, melainkan rekreasi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal menambahkan, Siguntang Fest merupakan festival yang masuk dalam kalender tahunan. Tahun ini sendiri merupakan tahun ke-dua digelarnya kegiatan tersebut dengan mengusung tema 'Bukit Suci Sepanjang Masa'.

Siguntang Fest 2021 diharapkan dapat semakin mendorong pelestarian budaya yang telah tumbuh dan berkembang sejak jaman kerajaan Sriwijaya. Dimana Bukit Siguntang telah menjadi saksi sejarah dan memiliki peranan penting perkembangan Sumsel. "Selain diisi dengan kegiatan budaya, Siguntang Fest kali ini juga diisi dengan kegiatan olahraga rekreasi. Di festival ini kita juga mengaktifkan ekonomi kreatif masyarakat dengan mengajak UMKM," ujarnya.

Kini, menurutnya, Bukit Siguntang telah menjadi destinasi wisata baru di Sumsel khususnya Palembang. "Bukit Siguntang ini sudah digandrungi wisatawan. Ini destinasi wisata sejarah yang harus terus kita lestarikan. Festival ini bukti kita untuk mengembalikan marwah Bukit Siguntang," katanya.

1430