Home Regional Tragis, Kakak-Adik Tewas di Dalam Septic Tank

Tragis, Kakak-Adik Tewas di Dalam Septic Tank

Slawi, Gatra.com – Dua warga Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, tewas setelah masuk ke dalam septic tank yang ambles, Kamis (25/11). Diduga konstruksi septic tank sudah rapuh.

Kedua korban yakni Taslimah (52) dan Sunaryo (49). Keduanya merupakan kakak-adik yang tinggal di RT 21 RW 03 Desa Kalimati.

Kapolsek Adiwerna, AKP Sehroni, mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Bermula ketika Taslimah sedang bersiap-bersiap berjualan di teras rumahnya.

"Lokasi korban berjualan berada tepat atas septic tank rumahnya. Setiap pagi korban berjualan nasi di situ," ujar Sehroni, Kamis (25/11).

Kemudian sekitar pukul 05.15 WIB, lanjut Sehroni, lantai teras rumah korban ambles sehingga korban terperosok masuk ke dalam septic tank. Korban sempat berteriak meminta tolong.

Teriakan korban didengar oleh adiknya, Sunaryo sehingga dia berlari ke luar rumah. Melihat kondisi Taslimah, dia langsung masuk ke dalam ke dalam septic tank untuk menolong sang kakak.

"Namun setelah masuk ke dalam septic tank, korban langsung lemas. Warga yang melihat tidak ada yang berani menolong dan kemudian melaporkan ke kami," ujar Sehroni.

Upaya pertolongan kemudian dilakukan petugas gabungan dari Polsek, Koramil, Pemadam Kebakaran, BPBD, PMI, dan relawan SAR. Sekitar pukul 07.00 WIB, kedua korban berhasil diangkat dari dalam septic tank yang memiliki kedalaman sekitar tiga meter.

"Saat diangkat dari dalam septic tank, kedua korban sudah dalam keadaan meninggal dunia," ujar Sehroni.

Menurut dia, setelah dievakuasi, kedua korban dilakukan pemeriksaan oleh dr Sabrina dan dr Rista dari Puskesmas Adiwerna. "Dari pemeriksaan medis, tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh mereka," jelasnya.

Sehroni mengatakan, penyebab kejadian tragis itu diduga karena kondisi konstruksi septic tank sudah rapuh sehingga ambles dengan diameter 50 sentimeter.

"Septic tank tersebut sudah berusia lebih dari 30 tahun dan tidak ada lubang anginnya. Septic tank itu ambles dan berlubang dengan diameter 50 sentimeter," ujarnya.

1296