Home Internasional Tak Putus Dirundung Celaka, 52 Tewas dan Puluhan Hilang dalam Kebakaran Tambang Batubara Siberia

Tak Putus Dirundung Celaka, 52 Tewas dan Puluhan Hilang dalam Kebakaran Tambang Batubara Siberia

Belovo, Rusia, Gatra.com- Sedikitnya 52 penambang dan penyelamat telah tewas dan puluhan lainnya hilang setelah kebakaran melanda tambang batu bara Siberia dipenuhi asap, kantor berita Rusia melaporkan. Al Jazeera, 25/11.

Para penambang tewas ketika debu batu bara terbakar, dan asap dengan cepat memenuhi tambang Listvyazhnaya melalui sistem ventilasi, kata kantor berita Rusia Tass, mengutip seorang pejabat darurat yang tidak disebutkan namanya.

Tambang, dekat kota Belovo di wilayah Kemerovo, dipenuhi asap pada Kamis dini hari dengan 285 orang di dalamnya. Sebelumnya, Gubernur Kemerovo Sergei Tsivilev mengatakan di Telegram bahwa sementara banyak yang dievakuasi, setidaknya 35 orang masih terjebak.

Dalam pesan Telegram lain, gubernur mengatakan 49 orang terluka dan sedang mencari bantuan medis. “Kemungkinan ledakan sangat tinggi. Kami telah memutuskan untuk menangguhkan operasi pencarian dan penyelamatan sampai konsentrasi gas berkurang,” kata Tsivilev.

Presiden Vladimir Putin menyatakan belasungkawa kepada keluarga para penambang yang tewas, menyebutnya sebagai "tragedi besar". “Saya telah berbicara beberapa kali dengan Gubernur Wilayah Kemerovo [Sergei Tsivilev] dan kepala layanan penyelamatan,” katanya saat bertemu dengan mitra Serbia Aleksandar Vucic di resor Laut Hitam Rusia di Sochi.

“Mereka melakukan segalanya dengan kekuatan mereka tetapi, sayangnya, situasinya tidak membaik, dan mereka sekarang mempertaruhkan nyawa mereka sendiri. Keputusan yang diperlukan sedang diambil di tempat. Kami berharap sebanyak mungkin nyawa terselamatkan,” tambahnya.

Wilayah penghasil batu bara Kemerovo, kira-kira 3.500 km (2.175 mil) timur Moskow, telah mengalami kecelakaan pertambangan yang fatal selama bertahun-tahun. Tambang Listvyazhnaya adalah bagian dari SDS-Holding, yang dimiliki oleh Siberian Business Union milik swasta. Tidak ada komentar langsung dari pemilik.

Menurut outlet berita Interfax, mengutip pejabat dari Rostekhnadzor, pengawas teknologi dan ekologi negara Rusia, inspeksi terbaru dari tambang Listvyazhnaya berlangsung pada 19 November. Laporan itu tidak memberikan rincian tentang hasil inspeksi.

Pada 2016, 36 penambang tewas dalam serangkaian ledakan metana di tambang batu bara Severnaya di ujung utara Rusia. Setelah insiden itu, pihak berwenang menganalisis keamanan 58 tambang batu bara di negara itu dan menyatakan 20 di antaranya berpotensi tidak aman.

Dalam insiden lain pada 2010, 91 orang tewas dan 100 terluka di tambang Raspadskaya di Siberia. Kecelakaan itu akibat ledakan metana ketika lebih dari 300 penambang berada di dalamnya. Ledakan kedua kemudian menjebak sekelompok penyelamat.

Pada 2007, 110 orang tewas setelah ledakan gas di tambang Ulyanovskaya, di wilayah yang sama.

326