Home Politik Golkar Rekrut Ribuan Saksi untuk Pileg 2024

Golkar Rekrut Ribuan Saksi untuk Pileg 2024

Karanganyar, Gatra.com- DPD II Golkar Karanganyar merekrut 3.500 saksi yang disiapkan untuk bekerja pada Pileg 2024. Persiapannya sengaja sejak jauh-jauh hari.

Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani mengatakan saksi di TPS berperan penting dalam pemilu. Mereka mencermati hasil pemilihan di tiap TPS melalui lembar C1. Ia sengaja merekrut saksi jauh-jauh hari supaya cukup waktu pelatihan bagi mereka.

"Saksi merupakan infrastruktur penting. Kami bertekad memenangkan Pileg, sehingga segala sesuatu disiapkan sejak awal. Pelatihan saksi tidaklah sederhana. Jangan sampai waktu sudah mepet, baru rekrut saksi," kata Ilyas, Jumat (3/12).

Ia menarget rekrutmen saksi selesai Desember, sejal dimulai 5 bulan lalu. Pelatihan kepada mereka bermateri sesuai kondisi daerah masing-masing. Ia menyadari karakteristik daerah berlainan, sehingga perlakuan dan modul kerja saksi harus menyesuaikan.

Selain itu Ilyas akan menerjunkan mentor dari Badan Saksi Nasional (BSN) DPP Partai Golkar untuk melatih calon saksi agar kelak saatnya Pileg, para saksi benar-benar menguasai materi.

"Karena peran saksi TPS itu ibarat jantung maka target Partai Golkar Karanganyar memastikan saksi yang akan diterjunkan harus cerdas, jeli dan cermat terutama mengawal proses formulir C-1 sebagai acuan sah rekapitulasi hasil penghitungan suara," tandasnya.

Bukan hanya itu saja, para calon saksi nantinya dipilih dari orang-orang militan yang berkomitmen mengawal proses Pileg dari awal hingga selesai rekapitulasi serta turut mengantarkan kotak suara ke tingkat Panitia Pemungutan Suara atau PPS secara aman dan utuh. Untuk itu meski sudah resmi terkumpul sebanyak 3.500 orang calon saksi, namun juga disiapkan cadangan calon saksi guna berjaga-jaga jika mengalami kendala mendadak.

1450