Home Regional Bupati Kebumen Targetkan Semua Desa Punya Pamsimas

Bupati Kebumen Targetkan Semua Desa Punya Pamsimas

Kebumen, Gatra.com - Penyediaan air bersih merupakan keharusan bagi pemerintah kepada warganya. Sebab, air adalah kebutuhan dasar dan hak masyarakat  untuk mendapatkan air bersih berkelanjutan dengan infrastruktur yang memadai.

Demikian disampaikan Bupati Kebumen, Jawa Tengah, Arif Sugiyanto, saat meresmikan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dipusatkan di Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Selasa (7/12). 

Ada 40 desa dari 16 kecamatan yang mendapatkan program ini pada tahun 2021.

"Program Pamsimas ini mampu menghasilkan infrastruktur air minum dan sanitasi berskala kecil dengan pembiayaan yang relatif rendah, dan kualitas konstruksi yang baik. Para pelaku program diharapkan dapat meningkatkan dampak positif yang dihasilkan dari program Pamsimas,” kata Arif dalam sambutannya.

Dengan program ini pula diharapkan ketersedian air bersih di Kebumen semakin merata. Masyarakat semakin sehat, dan sekaligus mampu merubah perilaku masyarakat untuk tidak lagi buang air sembarang, yang bisa mencemari lingkungan sekitar. 

“Kontribusi desa-desa, masyarakat, serta pihak-pihak yang peduli dengan air minum dan sanitasi sangat diharapkan, untuk dapat menyukseskan program Pamsimas ini. Saya harap 2024 nanti seluruh desa di Kebumen sudah bisa mendapatkan fasilitas air bersih,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kebumen, Haryono Wahyudi menambahkan, program ini dapat terselenggara berkat kerja sama lintas OPD, yakni Bappeda, DPUPR, DispermasdesP3A dan Dinkes, serta kecamatan, desa dan seluruh masyarakatnya. 

Melalui Pamsimas ini, sudah 2004 rumah yang terpasang sambungan air bersih. 

"Pendanaannya kita ambil dari dana APBN dana desa dan juga dari dana swadaya masyarakat. Alhamdulillah hari  ini sudah terlaksana program Pamsimas di 40 desa," terang Haryono.

Program Pamsimas tahun 2021 ini terbagi menjadi 4 program, pertama adalah Pamsimas Reguler dengan sumber dana APBN sebanyak 15 desa. Lalu Pamsimas Reguler dengan sumber dana APBD sebanyak 5 desa.

Ketiga adalah program Pamsimas Hibah Insentif Desa dengan sumber dana APBN sebanyak 18 desa serta Pamsimas  Hibah Insentif Desa MAMA (air minum aman layak minum) dari APBN sebanyak dua desa.

"Untuk tahun 2022 sampai saat ini sudah ada 12 desa yang mendaftar program Pamsimas. Sesuai arahan Pak Bupati, kita targetkan pada 2024 nanti, seluruh desa di Kebumen sudah mendapat faslilitas air bersih," jelasnya. 

1204