Home Lingkungan Ketika Manusia Punah, Hewan Ini Berevolusi untuk Memiliki Kecerdasan Manusia

Ketika Manusia Punah, Hewan Ini Berevolusi untuk Memiliki Kecerdasan Manusia

North Carolina, Gatra.com- Manusia cukup unik di antara kehidupan di Bumi. Sejauh yang kami tahu, kami adalah satu-satunya spesies hidup yang mengembangkan kecerdasan yang lebih tinggi, memakai pakaian, memasak makanan kami, menciptakan smartphone dan kemudian terkunci ketika lupa kata sandi. Live Science, 18/12.

Bagaimana jika manusia tiba-tiba punah? Hewan apa lagi yang mungkin berevolusi untuk memiliki kecerdasan dan keterampilan untuk menciptakan masyarakat yang besar dan kompleks seperti yang kita miliki?

Dengan teknologi pengurutan gen modern dan pemahaman kita tentang evolusi , "kita cukup pandai membuat prediksi jangka pendek," Martha Reiskind, ahli ekologi molekuler di North Carolina State University, mengatakan kepada Live Science. Misalnya, kita dapat memprediksi bahwa jika manusia tiba-tiba punah besok, perubahan iklim akan terus mendorong banyak spesies menuju ketahanan kekeringan untuk bertahan hidup.

Spesies khusus di daerah dingin juga akan terus berjuang, sayangnya, beruang kutub dan penguin tidak mungkin berkembang biak dalam ribuan tahun setelah manusia tiada.

"Hal besar akan menjadi konsep konvergensi," Dougal Dixon, seorang ahli geologi, penulis sains dan penulis buku spekulatif "After Man: A Zoology of the Future" (St. Martin's Press, 1998), mengatakan kepada Live Science. Konvergensi adalah proses evolusi di mana dua organisme yang tidak terkait akhirnya mengembangkan sifat yang sama untuk berhasil dalam lingkungan tertentu atau mengisi ceruk tertentu.

Contoh klasik, kata Dixon, adalah bentuk ikan. Dengan tubuh ramping seperti torpedo dan sirip yang menstabilkan, ikan dioptimalkan untuk kehidupan di air. Namun, lumba-lumba telah berevolusi dengan pola tubuh yang sangat mirip — dan tidak seperti ikan, mereka adalah mamalia berdarah panas yang bernapas di udara dengan latar belakang evolusi yang sama sekali berbeda.

Salah satu fitur yang membuat manusia secara unik pandai membangun dan penalaran spasial adalah tangan kita yang cekatan, menurut penelitian dari University of Manchester. Untuk mengisi peran ekologis yang sama dengan manusia — yaitu, membangun kota dan banyak mengubah lingkungan kita — spesies lain perlu mengembangkan kapasitas yang sama untuk memanipulasi objek. Dengan kata lain, mereka akan membutuhkan ibu jari yang berlawanan (kiri-kanan) atau setidaknya setara ibu jari.

Primata lain, seperti simpanse (Pan troglodytes) dan bonobo (Pan paniscus), kerabat terdekat kita yang masih hidup, sudah memiliki ibu jari berlawanan yang mereka gunakan untuk membuat alat di alam liar. Ada kemungkinan bahwa jika manusia punah, hominid ini mungkin menggantikan kita hominin, dan munculah "Planet of the Apes."

Ada preseden untuk tumpang tindih semacam itu — lagipula, spesies kita berhasil hidup lebih lama dari Neanderthal yang cerdas selama zaman es terbaru 40.000 tahun yang lalu, menurut sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

Meskipun demikian, mungkin perlu ratusan ribu atau bahkan jutaan tahun evolusi bagi kera lain untuk mengembangkan kemampuan menciptakan dan menggunakan alat canggih seperti manusia. Untuk menambahkan konteks pada skenario ini, nenek moyang yang sama dari manusia modern dan simpanse hidup sekitar 7 juta tahun yang lalu, Live Science sebelumnya melaporkan.

Tetapi bencana apa pun yang cukup kuat untuk memusnahkan manusia juga kemungkinan akan memusnahkan simpanse, yang menyisakan kandidat lain yang menggunakan alat untuk mengisi ceruk manusia: burung.

Ketika dinosaurus non-unggas punah 66 juta tahun yang lalu, mamalia bangkit untuk mengisi banyak relung kosong mereka. Jika manusia menghilang, mungkin saja burung, satu-satunya yang masih hidup, yang dapat mengisi peran kita sebagai hewan darat yang paling cerdas dan paling terampil.

Terlepas dari stereotip yang bertentangan, burung sangat cerdas: Beberapa burung, seperti gagak dan beo, memiliki kecerdasan yang bahkan menyaingi simpanse, menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2020 di jurnal Science. Dan beberapa burung dapat menggunakan kaki dan paruh mereka yang cekatan untuk membuat kawat menjadi kait, menurut sebuah penelitian terkenal tahun 2002 yang diterbitkan di Science.

Sementara itu, burung beo abu-abu Afrika (Psittacus erithacus) dapat mempelajari lebih dari 100 kata dan melakukan matematika sederhana, termasuk memahami konsep nol, lapor Live Science sebelumnya.

Burung dapat berkumpul bersama dalam kelompok besar, dan beberapa, seperti penenun yang ramah (Philetairus socius), bahkan membangun tempat bersarang bersama. Beberapa sarang penenun yang ramah tetap ditempati oleh burung selama beberapa dekade, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Ecology and Evolution. Namun, tempat tinggal arboreal ini tidak akan terlihat seperti kota metropolitan manusia.

Tapi ada kelompok hewan lain yang sangat mahir memanipulasi objek dengan anggota tubuhnya. "Kecerdasan memodifikasi perilaku Anda sebagai akibat pengaruh dari lingkungan Anda," Jennifer Mather, seorang peneliti kecerdasan cephalopoda di University of Lethbridge di Alberta, Kanada, mengatakan kepada Live Science.

Dengan ukuran itu, gurita mungkin adalah hewan non-manusia terpintar di Bumi. Mereka dapat belajar membedakan antara objek nyata dan virtual, menurut penelitian tahun 2020 yang diterbitkan dalam The Biological Bulletin, dan mereka bahkan dapat merekayasa lingkungan mereka dengan menghilangkan ganggang yang tidak diinginkan dari sarang mereka dan menghalangi pintu masuk dengan cangkang, menurut sebuah penelitian di jurnal Communicative and Integrative Biology. Mereka bahkan dikenal hidup dalam komunitas, seperti yang ditunjukkan oleh penemuan "Octlantis" di lepas pantai Australia .

Namun, gurita akan kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di darat. Vertebrata memiliki zat besi dalam sel darahnya, yang mengikat oksigen dengan sangat efisien. Sebaliknya, gurita dan kerabatnya memiliki sel darah berbasis tembaga. Molekul-molekul ini masih mengikat oksigen, tetapi kurang mudah, dan akibatnya gurita terbatas pada perairan jenuh oksigen dibandingkan dengan udara tipis. "Mereka telah melakukan metabolisme yang tidak efisien sejauh yang mereka bisa," kata Mather.

Karena itu, Mather berpikir bahwa gurita dan cumi lainnya tidak mungkin melakukan transisi ke darat dan mengambil alih manusia sebagai hewan darat yang paling cerdas dan paling berdampak secara ekologis. Peluangnya ada untuk serangga sosial, seperti semut dan rayap. "Saya pikir serangga lebih tangguh dari kita," kata Mather. "Sayangnya, mereka juga lebih tangguh daripada cumi."

Inilah alasannya: Serangga sangat mudah beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan. Mereka telah ada selama 480 juta tahun, menurut Museum Sejarah Alam di London. Pada saat itu, mereka telah berevolusi untuk mengisi hampir setiap ceruk yang bisa dibayangkan, mulai dari terbang, menggali, berenang, dan bahkan membangun menara mirip kota yang rumit.

Organisasi koloni semut dan rayap mungkin lebih menyerupai peradaban manusia daripada spesies non-manusia lainnya di Bumi. Semut diketahui menanam jamur, menurut penelitian yang diterbitkan pada 2017 jurnal Proceedings of the Royal Society B, dan rayap dapat berkomunikasi jarak jauh di dalam koloni mereka menggunakan getaran, menurut sebuah studi tahun 2021 di jurnal Scientific Reports.

Jika manusia punah, mungkin saja koloni serangga ini akan mengambil alih dunia — dengan asumsi mereka selamat dari perubahan iklim.

Tentu saja, semua ini adalah spekulasi; hampir tidak mungkin untuk benar-benar memprediksi bagaimana evolusi akan terungkap pada skala waktu geologis. "Saat Anda melangkah lebih jauh, presisi Anda kurang jelas, karena ada semua hal indah lainnya yang menyebabkan variasi," kata Reiskind.

Faktor-faktor tersebut termasuk mutasi acak, peristiwa kepunahan mendadak dan kemacetan populasi, di mana suatu spesies menarik dirinya kembali dari ambang kepunahan tetapi kehilangan banyak keragaman genetiknya.

Dan bahkan lebih sulit untuk memprediksi apakah spesies lain akan mengembangkan kecerdasan tingkat manusia atau keinginan untuk membangun kota. Mather berpikir bahwa itu bisa terjadi, tetapi bukan tanpa tekanan selektif yang tepat selama jutaan tahun. Dixon, bagaimanapun, kurang optimistis. "Saya tidak berpikir alam akan membuat kesalahan itu dua kali," katanya.

1240