Home Ekonomi Menteri ESDM Apresiasi Kesiapan Satgas Nataru Pertamina Patra Niaga

Menteri ESDM Apresiasi Kesiapan Satgas Nataru Pertamina Patra Niaga

Jakarta, Gatra.com - Menteri ESDM Arifin Tasrif menjamin pasokan dan memastikan penyaluran BBM, LPG, dan avtur selama Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 aman. Hal ini disampaikan nya saat melakukan kunjungan kerja ke Fuel Terminal Padalarang, Jawa Barat, pada Jumat (24/12).

 

"Seluruh personil Pertamina siap menjalankan semua tugasnya, khususnya Pertamina Patra Niaga untuk terus melayani masyarakat agar bisa mendapatkan BBM dan LPG akhir tahun ini," ujar Arifin.

 

Kunjungan Menteri ESDM Arifin Tasrif turut didampingi Sekjen KESDM Ego Syahrial, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana, Kepala BPH Migas Erika Retnowati, Direktur Hilir Migas Soerjaningsih, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, dan Executive GM Regional Jawa Bagian Barat Waljianto.

 

Pada kesempatan tersebut, Menteri ESDM turut mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), dalam menjamin ketersediaan energi untuk masyarakat. Ia turut berterima kasih dan memberikan semangat untuk pekerja Pertamina yang bertugas selama Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, kehadiran Menteri ESDM di Fuel Terminal Padalarang turut menjadi penyemangat bagi pekerja di Pertamina Patra Niaga. Khususnya pekerja yang bertugas dalam tim Satuan Tugas (Satgas) Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

 

Alfian mengatakan, walaupun masih diberlakukannya kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), tim Satgas Nataru Pertamina Patra Niaga terus berupaya secara optimal seperti pada Satgas Nataru di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan melalui monitoring ketersediaan stok, mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM di jalur wisata, menyiagakan fasilitas dan layanan tambahan di titik-titik yang berpotensi padat, serta menjamin distribusi BBM dan LPG untuk masyarakat aman.

 

“Secara nasional stok BBM, LPG, dan avtur termonitor sangat baik. Kami juga turut mengantisipasi konsumsi BBM di lokasi yang banyak kegiatan selama Hari Raya Natal, maupun pada lokasi wisata. Selain itu kami juga menyediakan layanan tambahan yang beroperasi dengan maksimal. Sehingga masyarakat dapat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru dengan tenang,” jelas Alfian.

 

Adapun Alfian menjelaskan, sebanyak 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 7.400 SPBU, serta seluruh rantai distribusi LPG mulai dari Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) hingga agen dan pangkalan LPG baik yang subsidi maupun non subsidi telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

 

Pertamina Patra Niaga turut menyiagakan layanan dan fasilitas tambahan, yaitu sebanyak 1.077 SPBU Siaga dijalur reguler, 64 SPBU Siaga di jalur tol, 219 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantong BBM SPBU, 37 unit Pertashop atau SPBU modular, serta lebih dari 48 ribu agen dan pangkalan LPG Siaga. Selain itu, layanan di 68 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan avtur bagi seluruh maskapai penerbangan. Selain kehandalan operasional, Pertamina Patra Niaga juga menyediakan layanan antigen untuk konsumen di 25 SPBU.

 

“Kami turut menghimbau agar masyarakat tidak melakukan pembelian bahan bakar secara berlebihan, karena pasokan energi tersedia dengan aman dan mencukupi. Juga agar masyarakat dapat menggunakan BBM dan LPG sesuai peruntukannya. Terakhir, kami dari Pertamina Patra Niaga turut mengucapkan selamat merayakan sukacita bersama keluarga di Hari Natal, semoga perayaan dan ibadahnya dapat berjalan dengan khidmat,” tambah Alfian.

 

Jika masyarakat membutuhkan informasi serta layanan Pertamina Patra Niaga selama masa libur Natal dan Tahun Baru, masyarakat dapat memanfaatkan layanan pelanggan Pertamina Call Center (PCC) 135 yang selalu siaga selama 24 jam.

251