Home Kesehatan Mengapa Omicron Menyebabkan Penyakit yang Lebih Ringan?

Mengapa Omicron Menyebabkan Penyakit yang Lebih Ringan?

Cambridge, Gatra.com- Omicron dapat menyebabkan penyakit yang lebih ringan. Sebuah studi laboratorium mengisyaratkan. Live Science, 26/12.

Varian omicron dari SARS-CoV-2 mungkin kurang efisien dalam menyusup ke paru-paru dan menyebar dari sel ke sel, dibandingkan dengan versi lain dari virus corona, menurut studi awal sel manusia di cawan laboratorium.

Ini mungkin membantu menjelaskan mengapa beberapa data awal dari negara-negara seperti Afrika Selatan dan Inggris menunjukkan bahwa strain tersebut menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah. Meskipun omicron mungkin tidak menyerang sel paru-paru secara efisien, studi baru, yang diposting Selasa (21 Desember) ke database pracetak bioRxiv, menegaskan bahwa varian tersebut menghindari sebagian besar antibodi individu yang divaksinasi penuh.

Dan mirip dengan penelitian lain, tim menunjukkan dosis "penguat" dari vaksin Pfizer secara signifikan meningkatkan kekuatan antibodi orang yang divaksinasi. "Meskipun kami masih mengharapkan peningkatan kekebalan terjadi dari waktu ke waktu," penulis senior Ravindra Gupta, seorang profesor mikrobiologi klinis di Cambridge Institute for Therapeutic Immunology and Infectious Diseases, mengatakan dalam sebuah pernyataan .

Penelitian ini belum ditinjau oleh rekan sejawat atau diterbitkan dalam jurnal ilmiah, tetapi temuan tersebut mengisyaratkan "bahwa mutasi omicron menghadirkan virus dengan pedang bermata dua: virus menjadi lebih baik dalam menghindari sistem kekebalan, tetapi mungkin telah kehilangan sebagian dari kemampuannya menyebabkan penyakit parah," kata Gupta.

Meskipun demikian, para ilmuwan masih perlu memastikan bahwa hasil dari eksperimen di cawan laboratorium ini cocok dengan apa yang terjadi pada pasien manusia, dan bahwa mutasi omicron benar-benar mempengaruhi tingkat keparahan infeksi.

Data dari Afrika Selatan, Inggris dan negara-negara lain menunjukkan bahwa infeksi omicron mungkin kurang parah, rata-rata, tetapi tingkat latar belakang kekebalan dari infeksi alami dan vaksinasi membuat hasil ini sulit untuk ditafsirkan, NPR melaporkan.

Omicron memiliki lebih dari 30 mutasi pada gen yang mengkode protein lonjakannya, bagian dari virus yang dihubungkan ke sel untuk memicu infeksi, Live Science sebelumnya melaporkan. Dari mereka, 10 kode untuk bagian dari "domain pengikatan reseptor" (RBD), atau bagian spesifik dari protein lonjakan yang menempel pada sel.

Untuk menyelidiki bagaimana mutasi lonjakan ini dapat mengubah cara virus berinteraksi dengan sel, para peneliti merekayasa virus sintetis, yang disebut pseudovirus, yang membawa protein lonjakan omicron. Sebagai perbandingan, mereka juga menghasilkan pseudovirus dengan protein lonjakan delta dan beberapa dengan lonjakan Wuhan-1, atau virus SARS-CoV-2 asli.

Tim ingin memahami bagaimana tiga mutasi spesifik omicron di tempat yang disebut situs pembelahan polibasik (PBCS) memengaruhi kemampuan virus untuk memasuki sel. Setelah protein lonjakan dimasukkan ke dalam sel, PBCS membelah,  untuk memungkinkan materi genetik dari virus memasuki sel inang; varian alfa dan delta membawa mutasi PBCS yang membantu mereka memasuki sel dengan lebih mudah, menurut penelitian sebelumnya oleh para peneliti, yang diterbitkan 8 Juni di jurnal Cell Reports.

Omicron membawa mutasi serupa pada gen PBCS-nya, sehingga tim memperkirakan bahwa itu mungkin menyelinap ke dalam sel semudah alfa dan delta. Mereka menguji teori ini dengan menggunakan pseudovirus mereka untuk menginfeksi sel paru-paru manusia di cawan laboratorium, serta organoid paru-paru - kelompok sel 3D yang dibuat untuk meniru fitur paru-paru ukuran penuh. Mereka menemukan bahwa, terlepas dari mutasi PBCS yang terkait, omicron memasuki sel paru-paru dan organoid kurang efisien daripada delta dan malah lebih mirip dengan Wuhan-1.

Delta juga mengungguli omicron dalam percobaan kedua. Saat memasuki sel, delta pseudovirus memicu fusi sel, sebuah fenomena yang menyatukan sel-sel tetangga dan memungkinkan virus menyebar dengan cepat di antara mereka. Fusi sel-sel yang meluas di paru-paru sering terlihat dalam konteks COVID-19 yang parah, para peneliti mencatat dalam laporan mereka.

Dalam percobaan mereka, omicron memulai fusi sel kurang efisien daripada delta, dan ini tampaknya menghambat kemampuan virus untuk bereplikasi dalam sel paru-paru. (Sebuah studi terpisah , juga tidak ditinjau oleh rekan sejawat, menemukan bahwa omicron direplikasi jauh lebih efisien daripada delta di sel saluran napas bagian atas, tetapi kurang efisien daripada strain asli SARS-CoV-2 di sel paru-paru.)

"Kami berspekulasi bahwa semakin efisien virus menginfeksi sel kami, semakin parah penyakitnya," kata Gupta dalam pernyataannya. "Fakta bahwa omicron tidak begitu baik dalam memasuki sel paru-paru dan menyebabkan lebih sedikit sel yang menyatu dengan tingkat infeksi yang lebih rendah di laboratorium menunjukkan varian baru ini dapat menyebabkan penyakit terkait paru-paru yang kurang parah."

Studi masa depan perlu mengkonfirmasi bahwa eksperimen di piring laboratorium ini diterjemahkan ke dalam tubuh manusia . Sementara itu, percobaan tim dengan antibodi menegaskan bahwa untuk mencapai perlindungan maksimal terhadap varian tersebut, orang harus mendapatkan suntikan booster secepatnya, kata Gupta dalam pernyataannya.

"Individu yang hanya menerima dua dosis vaksin - atau lebih buruk lagi, tidak ada sama sekali - masih berisiko signifikan terhadap COVID-19, dan beberapa akan mengembangkan penyakit parah," katanya. "Banyaknya kasus baru yang kami lihat setiap hari memperkuat kebutuhan semua orang untuk mendapatkan booster mereka secepat mungkin."

1012