Wednesday, 29 November 2017 00:09

IORA dan NAM Center Sepakati Kerja Sama Ekonomi Regional

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Penandatanganan kerjasama antara NAM CSST dengan IORA disaksikan Menlu RI Retno Marsudi (Humas Kemenlu/yus4)

Jakarta, GATRA.com - IORA (Indian Ocean Rim Association) dan NAM Center sepakat mempromosikan kerja sama ekonomi regional di beberapa area termasuk blue economy, UMKM, pemberdayaan ekonomi perempuan, isu gabungan antara air, energi dan makanan, serta pembangunan kapasitas pada manajemen pengurangan resiko bencana dan energi terbarukan.

 

Penandatanganan MoU dilakukan antara Sekretaris Jenderal Indian Ocean Rim Association (IORA), Kocheril Velayudhan Bhagirath dan Direktur Non-Aligned Movement Center for South-South Technical Cooperation (NAM CSSTC), Prianti Gagarin Djatmiko-Singgih tentang Kerangka Kerja Sama antara IORA dan NAM Center dan disaksikan oleh Memteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

 

Perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat mendukung pencapaian visi strategis IORA yang tertuang dalam Jakarta Concord dan rencana aksinya. Poin-poin yang tertuang dalam Jakarta Concord antara lain memajukan keamanan dan keselamatan maritim, meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi.

 

Hal ini sejalan dengan Nawa Cita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat jati diri sebagai negara maritim, mewujudkan kemandirian ekonomi serta meningkatkan produktivitas rakyat.

 

“Saya menyambut baik langkah kongkrit peningkatan kapasitas di kawasan IORA dalam bidang seperti blue economy, UMKM, dan pemberdayaan perempuan.” ujar Retno Marsudi, sebagaimana dikutip dalam rilis yang diterima gatra.com pada Selasa (28/11).

 

Acara penandatangan MoU ini juga bersamaan dengan kunjungan perpisahan Sekretaris Jenderal Bhagirath kepada Menlu Retno Marsudi. Sekjen Baghirath sebelumnya telah menjabat sebagai Sekjen IORA selama lima tahun sejak tahun 2013. Untuk periode 2018-2022 Sekjen IORA adalah Nomvuyo Nontsikelelo Nokwe dari Afrika Selatan.

 

Sekjen IORA dan Direktur NAM juga akan terus membangun komunikasi yang efektif antar kedua organisasi melalui pertukaran informasi, berbagi pengalaman dan saling berpartisipasi dalam pertemuan dan acara masing-masing.

 

IORA adalah satu-satunya organisasi regional di wilayah Samudera Hindia. Beranggotakan 21 negara, IORA fokus pada kerjasama bidang maritim dan perdagangan, juga pariwisata hingga kerjasama penanggulangan bencana. Blue economy dan woman empowerment juga menjadi fokus kerjasama negara-negara IORA. Saat ini, Indonesia masih memegang keketuaan IORA.


Reporter : DFS

Editor : Bernadetta Febriana

Read 322 times Last modified on Wednesday, 29 November 2017 06:13