Wednesday, 06 December 2017 08:02

Pemerintah 100% Kontrol Holding BUMN Featured

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Wianda Pusponegoro. (Antara/Widodo S. Jusuf/AK9)

Jakarta, Gatra.Com - Pemerintah memastikam pembentukan induk perusahaan atau holding Badan Usaha Milik Negara (BUMM) terus berjalan. Holding terbaru yang dibentuk pemerintah yaitu holding tambang yang dipimpin oleh PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum).

 

Staf Khusus Menteri BUMN Wianda Pusponegoro membantah pemerintah akan kehilangan kontrol terhadap BUMN dibentuk holding. Pemerintah tetap memengang 100% saham holding BUMN. 

 

"Peran pemerintah berkurang di masing-masing holding? itu tidak benar. Karena menjadi anggota Holding itu 100% milik pemerintah. Pemerintah full kontrol di sana," tegas Wianda di Jakarta, Rabu (6/12).

 

Dengan pembentukan holding, sambung Wianda, BUMN menjadi besar, kuat serta lincah. Saat ini BUMN diposisikan sebagai agen pembangunan nasional melayani masyarakat.

 

Holding BUMN menjamin pendanaan mandiri dan berkesinambungan dalam setiap proyek penugasan dari pemerintah. Wianda menjamin tidak lagi tergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

 

"Holding juga untuk percepatan dan penguatan sektoral, hingga menjadi regional champion dengan memperkuat kapabilitas, menyelaraskan operasi, dan mencapai sinergi," tegas Wianda. 


Reporter : Abdul Rozak

 

Editor : Sandika Prihatnala

Read 390 times Last modified on Wednesday, 06 December 2017 09:50