Menkop Apresiasi Kinerja Positif Kospin Jasa

Jakarta, GATRAnews - Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Puspayoga mengapresiasii keberhasilan Kospin Jasa meningkatkan kinerja pada 2016. Pertumbuhan positif kinerja keuangan Kospin Jasa dapat menambah kepercayaan anggota yang pada akhirnya akan lebih meningkatkan kesejahteraan anggota. Hal itu disampaikannya dalam sambutan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-43 Kospin Jasa, di Pekalongan, Sabtu (18/3).

Dalam acara yang dihadiri Ketua Umum Kospin Jasa Andi Arslan Djunaid dan Wali Kota Pekalongan Alf Arslan Djunaid itu, Puspayoga mengatakan, dengan kinerja yang baik Kospin Jasa telah mampu menjadi koperasi yang sehat dan mandiri.  

"Kospin Jasa berhasil membangun sistem IT, kinerja keuangan yang sehat, manajemen yang andal. Karena itu Kospin Jasa berhasil lolos seleksi sebagai koperasi penyalur KUR pertama di Indonesia," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dia menegaskan, jika koperasi berkualitas sebagaimana harapan anggotanya dapat terwujud, maka kehadiran koperasi akan mampu memperjuangkan kepentingan sosial dan ekonomi anggotanya.

Secara keseluruhan kinerja Kospin Jasa tahun buku 2016 menunjukkan kinerja cemerlang. Total aset Kospin Jasa mencapai Rp 7 trilyun atau tumbuh 28% dengan perincian aset layanan konvensional sebesar Rp 5,7 trilyun dan layanan syariah Rp 1,3 trilyun.  

"Kami menargetkan pertumbuhan aset 2017 akan kembali meningkat menjadi Rp 9 trilyun dari layanan konvensional dan syariah," kata Andi Arslan Djunaid.  

Dari sisi simpanan dan tabungan menunjukkan, pada layanan konvensional tahun 2016 mencapai Rp 4,9 trilyun naik dari tahun 2015 yang besarnya Rp 3,5 trilyun. Sedangkan dari pinjaman sektor syariah, naik dari Rp 938 milyar tahun 2015 menjadi Rp 1,25 trilyun pada 2016.

Pinjaman pada yang diberikan lewat layanan konvensional naik dari Rp 3,18 trilyun tahun 2015 menjadi Rp 3,8 trilyun tahun 2016 atau naik 19,5%. Sedangkan lewat pola syariah tumbuh 22,9% dari Rp 1,08 trilyun pada 2015 menjadi Rp 1,3 trilyun pada 2016.


Reporter: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief





Share this article